PALEMBANGSUMSEL

Hidupkan Pariwisata Sungai, Palembang Bakal Bangun Pasar Kuliner

BritaBrita.com,Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berkeinginan menghidupkan pariwisata sungai. Upaya mulai dilakukan dengan melakukan restorasi Sungai Sekanak Lambidaro.

Dengan anggaran tahun 2022, direncanakan dibuatnya pasar wisata dan kuliner di Pasar Sekanak. Dimana saat ini pasar yang ada di tepian Sungai Sekanak ini tidak refresentatif untuk dijadikan pasar kuliner.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Raimon Lauri mengatakan, restorasi sungai yang akan menunjang majunya wisata di Palembang akan terdorong dengan kawasan sekililingnya yang menjual.

“Di pasar kuliner dan wisata ini nanti sesuai dengan khas Palembang, ada aksesoris tidak hanya makanan/ kuliner saja,” katanya.

Dipilihanya Pasar Sekanak ini untuk direvitalisasi jadi pasar pusat wisata dan kuliner, karena selain lokasi juga kondisi pasar tersebut sudah jauh menurun jumlah pedagang dan pembelinya.

Lihat Juga  Irwandry, Korban Tabrakan Speedboat di Sungai Lalan Muba Dikabarkan Tewas

“Jumlah penjual di pasar ini sudah jauh menurun, karena pembeli yang banyak beralih ke pasar 26, pasar soak bato ataupun pasar bukit kecil. Pasar ini juga aset milik daerah yang diserahterimakan,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya membuat design yang sangat menarik dan disampaikan kepada Kementerian Perdagangan. “Hampir rampung setidaknya tahun depan mulai fisik,” katanya.

Revitalisasi pasar ini untuk menjadi bagian mendukung restorasi Sungai Sekanak – Lambidaro. “Ini diharapkan dapat menjadi pusat wisata baru dari bagian restorasi Sekanak – Lambidaro,” katanya.

Untuk pendanaan, revitalisasi pasar ini akan diajukan ke pusat, sehingga dapat dibiayai dari APBN, ataupun pihak ketiga.

“Kita konsep/design dulu, setelah itu ajukan pendanaan ke pusat, dan juga kita tawarkan ke pihak ketiga (swasta),” katanya.

Lihat Juga  Gubernur Herman Deru: Pengembangan Tanaman Magrove Bisa Jadi Objek Wisata Baru

Sementara itu, Direktur Perumda Pasar Palembang Jaya, Abdul Rizal mengatakan jika konsep selesai dan mendapat pendanaan pusat, maka pengerjaan fisik dari revitalisasi ini bisa dilakukan pada 2022.

“Fisik sudah bisa jalan di 2022, walau untuk mendukung restorasi Sekanak – Lambidaro, tapi pengerjaan fisik dari revitalisasi dan restorasi dijalankan terpisah,” katanya.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, jika DED dari revitalisasi pasar Sekanak ini sudah disusun sejak 2019 dan Sumber dana dari Kemenperdagangan.

“Konsep yang kita sampaikan akan melengkapi Sekanak – Lambidaro dan akan lebih bagus lagi. Sebab menunjang destinasi sungai melalui restorasi Sungai Sekanak – Lambidaro,” katanya.

Reporter : Pitria

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close