INTERNATIONAL

British Airways ‘Tunggang Langgang’ Dikejar Badai

BritaBrita.com,Jakarta –¬†Pesawat British Airways ‘tunggang langgang’ dikejar badai. Aman dari badai, pesawat itu juga mencetak rekor kecepatan baru.

Pesawat British Airways (BA) kemungkinan besar telah memecahkan rekor perjalanan dari New York ke London tercepat. Kecepatan pesawat itu tercatat mencapai 800 mph. Rekor ini pecah usai pesawat tersebut mencoba menghindari Badai Ciara.

Dilansir Independent, Minggu (9/2/2020), pesawat Boeing 747 itu bertolak dari Bandara John F. Kennedy (JFK), Amerika Serikat pada Sabtu (8/9/2020) dan sampai di Bandara Heathrow, Inggris dalam waktu 4 jam 56 menit.

Pesawat ini tiba semenit lebih cepat dari penerbangan Virgin Atlantic Airbus A350 yang mendarat di bandara yang sama beberapa saat kemudian. Selain itu, BA juga tiba lebih cepat 3 menit dari pesawat Virgin lainnya.

Kedua maskapai, baik BA maupun Virgin memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang maskapai Norwegia yang lepas landas dari Bandara JFK ke Gatwick, London dalam waktu 5 jam 13 menit pada Januari 2018 lalu. Sementara itu, waktu perjalanan rata-rata dari New York ke London adalah 6 jam 13 menit.

Menurut pelacakan Flightradar24, penerbangan BA mencapai kecepatan puncaknya yaitu 825mph di tepi timur Newfoundland pada ketinggian sekitar 35 ribu kaki.

“Kami selalu memprioritaskan keselamatan daripada catatan kecepatan, tetapi pilot kami yang sangat terlatih memanfaatkan sebagian besar kondisi untuk membuat penumpang sampai di London jauh sebelum waktu yang seharusnya,” kata juru bicara BA sebagaimana diwartakan Independent.

Badai Ciara yang terjadi pada awal tahun ini merupakan yang terburuk dalam 7 tahun terakhir. Badai ini menyebabkan penurunan drastis dalam layanan perjalanan. Maskapai BA sendiri telah membatalkan setidaknya 140 penerbangan dari dan ke Heatrow, termasuk 9 perjalanan jarak jauh.

Kendati punya catatan kecepatan yang bagus, BA mengatakan bahwa maskapainya belum bisa membalap catatan Concorde yang dapat menempuh perjalanan dari New York ke London dalam waktu 2 jam 53 menit. Peristiwa itu terjadi pada 7 Februari 1996 silam.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close