INTERNATIONALNASIONAL

Selain Brunei, 9 Negara Ini Juga Terapkan Hukuman Mati LGBT

BritaBrita.com,Jakarta – Sebelum Kerajaan Brunei Darussalam menerapkan hukum mati pada kaum LGBT dan mengundang boikot dari selebriti dunia, ternyata sebelumnya ada 9 negara yang juga pernah menerapkan hukuman mati tersebut.

Kesultanan Brunei Darussalam dikritik karena memberlakukan hukum rajam hingga tewas terhadap kaum homoseksual. Kebijakan ini pun menuai protes hingga berdampak pada pariwisata.

Hotel-hotel miik Sultan Brunei pun kena imbas. Termasuk di dalamnya 9 hotel milik Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah di luar negeri yang diboikot selebriti dunia seperti George Clooney hingga Ellen DeGeneres.

Aturan baru ini menetapkan hukuman mati dengan cara dirajam sebagai hukuman untuk hubungan seks sesama pria. Sementara pasangan wanita sesama jenis, terancam hukuman cambuk maksimum 40 kali atau hukuman penjara paling lama 10 tahun.

Lihat Juga  MA Vonis Jokowi Melawan Hukum di Kasus Kebakaran Hutan

Namun, seperti dilansir detik.com, nyatanya Kerajaan Brunei Darussalam bukanlah satu-satunya negara yang menerapkan aturan tersebut. Menurut laporan State Sponsored Homophobia tahun 2019, tercatat ada 70 negara PBB yang mengkriminalisasi LGBT.

Hanya saja, tak banyak yang terang-terangan melarang LGBT seperti Brunei. Adapun, tahun lalu situs perusahaan asuransi Travel Insurance Direct merilis daftar negara yang memberlakukan hukuman mati bagi kaum LGBT selain Brunei.

Berikut 9 negara yang menerapkan hukuman mati tersebut:

1. Afghanistan
2. Iran
3. Mauritania (Berlaku untuk pria muslim)
4. Sudan
5. Nigeria
6. Yaman
7. Arab Saudi
8. Qatar (Berlaku untuk umat muslim)
9. Somalia

Faktanya, kesembilan negara yang menerapkan hukuman mati pada kaum LGBT, di luar Brunei, adalah negara yang memiliki mayoritas umat muslim. Terlepas dari lokasinya yang berada di Benua Afrika dan Timur Tengah.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close