JABODETABEKLIFESTYLENASIONALPOLITIK

Mengejutkan,Ini Alasan Ibu Kota Negara Akan Dipindahkan ke Palangkaraya,Kalimantan

JAKARTA,BritaBrita.com–Presiden Joko Widodo menugaskan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro untuk mengkaji Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pengkajian ini untuk melihat kelaikan kota dengan julukan Kota Cantik itu sebagai ibu kota negara.
images-13
“Saya dengar Menteri Bappenas sudah diminta untuk melihat peluang itu, mengkaji. Palangkaraya siap untuk dijadikan ibu kota akan letaknya di khatulistiwa. Kalau soal siap enggak siap, saya kira belum siap,” kata juru bicara Kepresidenan Johan Budi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.
Menurut Johan Budi, pemindahan ibu kota itu butuh pengkajian lama. Selain itu wacana ini perlu dibicarakan dengan berbagai pihak.
“Memindahkan ibu kota perlu bicara dengan DPR dan lain-lain. Tapi wacana itu pernah muncul, respon Presiden, perintahkan Menteri Bappenas untuk mempelajari dulu,” lanjut dia.
Wacana pemindahan ibu kota ini muncul ketika Jokowi berkunjung ke Palangkaraya beberapa tahun lalu. Ada keinginan masyarakat di sana yang mengacu pada perkataan Bung Karno.
“Untuk dijadikan ibu kota, Palangkaraya, tentu memindahkan ibu kota. Tidak bukan persoalan yang kecil harus ada kajian yang mendalam,” imbuh Johan Budi seperti dinukil dalam laman kumparan.com.
Ir Soekarno, Presiden pertama Indonesia mulai merencanakan pemindahan ibu kota ke Palangkaraya saat kota itu ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 1957. Palangkaraya sendiri jauh lebih luas dibanding Jakarta dan relatif aman dari gempa bumi.
Editor : Syl
Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker