PALEMBANGPOLITIKSUMSEL

Jumlah DPT di Pilkada Serentak Sumsel Capai 1,83 Juta Orang

BritaBrita.com, Palembang-Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di tujuh Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan (Sumsel) mencapai 1.832.660 orang.

Hal ini diungkapkan Anggota Komisioner Divisi Perencanaan Data dan informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Hendri Alma Wijaya saat dihubungi, Senin (16/11/2020).

“Untuk jumlah DPT ada sekitar 1.832.660 orang di 5.477 tempat pemungutan suara (TPS),” katanya.

Dari jumlah 1.832.660 orang tersebut terdapat pemilih milenial yang rata-rata baru masuk usia 17 tahun dalam Pilkada serentak 2020. “Untuk jumlah pemilih milenial ini sendiri sebanyak 47.333 orang,” ujar Hendri

Hendri menjelaskan, dari keseluruhan jumlah DPT yang telah ditetapkan, para pemilih pemula yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dapat memastikan hak suaranya ke dukcapil masing-masing wilayah.

Lihat Juga  Warga Heboh, Temukan Mayat di Dalam Rumah

“Jadi tidak akan ada penambahan DPT lagi, karena untuk pemilih pemula pada DPT sudah mengakomodasi pemilih yang pada tanggal 9 Desember genap berusia 17 tahun,” jelasnya

Lebih lanjut diungkapkannya, adapun syarat utama untuk dapat mencoblos pada pilkada serentak nanti yaitu dengan menunjukkan atau memiliki E-KTP.

“Warga yang telah berusia 17 tahun, tetapi belum merekam data e-KTP untuk segera melapor capil dan KPU setempat agar segera ditindaklanjuti. Jika sudah melakukan perekaman tetapi belum dapat e-KTP harap meminta suket. Jadi nyoblosnya hanya di TPS setempat ia berdomisili sesuai KTP selama ini,” ungkap Hendri

Hendri menambahkan, pihaknya akan menerapkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait, teknis warga yang menggunakan hak pilihnya saat masa pandemik.

Lihat Juga  Palembang Turunkan 1.225 Personil Gabungan Pengamanan Idul Adha 2019

“Masyarakat diimbau untuk menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan saat akan mencoblos di TPS,” katanya.

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close