PALEMBANGSUMSEL

Kasus Corona Terus Bertambah, Gubernur Herman Deru Ogah Inisiatif Karantina Wilayah

BritaBrita.com, Palembang-Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengaku ogah berinisiatif memberlakukan karantina wilayah atau lockdown wilayah. Pasalnya, kebijakan lockdown tersebut merupakan wewenang dari pemerintah pusat.

“Jika suatu wilayah ingin melakukan lockdown maka akan mempunyai resiko yang bisa menimbulkan beberapa dampak yang luas bagi masyarakat,” ujar Gubernur, Minggu (28/3/2020).

Padahal seperti diketahui berdasarkan data yang diperoleh kecenderungan terjangkit virus corona terus meningkat. Saat ini Sumsel sudah ada dua orang dinyatakan positif corona. Data resmi dari pemerintah Minggu (29/3/2020) jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 555 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 24 orang. Jumlah ini meningkat cukup signifikan.

Gubernur menuturkan bahwa penerapan lockdown harus dipikirkan secara matang dengan cara berkoordinasi serta melibatkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Lihat Juga  Khawatir Habitat Gajah dan Harimau Terganggu, Puluhan Massa Datangi Kantor Gubernur Sumsel

“Sejauh ini saya belum menerima laporan di 17 Kabupaten/Kota di Sumsel belum ada suatu wilayah yang menerapkan lockdown,” jelasnya.

Herman Deru mengungkapkan, meski tidak menerapkan lockdown, pihaknya akan melakukan pengawasan ketat baik itu melalui jalur udara, laut, dan darat untuk mencegah kunjungan orang yang datang dari suatu wilayah yang telah terpapar virus corona.

“Saya sudah memberikan peringatan kepada Bupati atau Wali Kota untuk menjaga ketat wilayahnya dan jika ditemukan adanya pemudik yang berasal dari luar wilayah Sumsel yang terpapar corona untuk segera dilacak riwayatnya,” ungkapnya.

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close