INTERNATIONALNASIONAL

Laut China Selatan Memanas: China Latihan Tempur, Prancis Kirim 2 Kapal Perang

BritaBrita.com,JAKARTA-Pakar militer China yang dihubungi oleh Global Times pada hari Minggu mengatakan bahwa operasi AS semacam itu memiliki signifikansi militer karena memungkinkan Amerika untuk mengumpulkan data intelijen militer dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan lingkungan hidrologi di laut, termasuk menguping komunikasi PLA, belajar pola sinyal elektromagnetik peralatan China dan penanaman perangkat sonar bawah air untuk melacak kapal selam PLA.

Prancis juga mengirim kapal serbu amfibi dan fregat pada pertengahan Februari, dan mereka dijadwalkan untuk transit di Laut Cina Selatan dua kali.

Menurut rencana rute dalam laporan navalnews.com, dua kapal perang Prancis dijadwalkan berlayar melalui Selat Qiongzhou, laut pedalaman China antara Semenanjung Leizhou dan provinsi pulau Hainan.

Lihat Juga  Ingin Putus Penyebaran Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta Masih Buka Penerbangan Internasional

Para analis Beijing yang dikutip Global Times mengatakan AS berusaha menahan China dengan mengumpulkan sekutu Barat-nya ke Laut China Selatan, yang memiliki lebih banyak kepentingan politik daripada militer.

“China diperkirakan akan terus menghadapi tekanan dari laut, karena AS, sekutunya, dan India dapat terus menimbulkan masalah,” kata Li Jie, pakar Angkatan Laut yang berbasis di Beijing.

Li mengatakan karena Laut China Selatan, Selat Taiwan, dan Kepulauan Diaoyu akan tetap menjadi titik nyala.keamanan maritim, pasukan China harus meningkatkan kesiapsiagaan tempur. Dia memprediksi peningkatan terus menerus dalam anggaran pertahanan China untuk tahun ini akan dirilis selama dua sesi yang akan datang dalam seminggu.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close