BISNISPALEMBANG

Nasib Perajin Tempe di Masa Pandemi : Harga Kedelai Turun Namun Tak Dibarengi Naiknya Produksi

BritaBrita.com,Palembang-Di masa pandemi Covid-19, perajin tempe merasakan dampaknya. Sejak beberapa bulan terakhir peminat berkurang sehingga produksi pun menurun.

Kondisi ini dialami Sasmuni (53) perajin tempe di Jalan Macan Lindungan Kelurahan Bukit Baru, Palembang yang sudah beroperasi sejak 1990. Ia mengaku memulai membuat dan menjajakan tempe dari produksi 20 kg kedelai.

“Cara membuatnya mudah, kedelai direndam sekitar 1 jam, kemudian dimasak 2 jam dan difermentasi selama 1 hari 1 malam,” katanya, Senin (22/6/2020).

Meskipun harga kedelai saat ini turun dari awalnya Rp8000 /kg menjadi Rp7300 /kg, namun tidak dibarengi dengan tingginya produksi. Sasmuni mengaku cukup kesulitan memasarkan tempe di tengah pandemi saat ini.

“Biasanya kita buat tempe itu sampai 300 kg lebih, tapi sejak adanya Corona ini paling banyak 250 kg. Ya produksi kita menurun,” ujarnya.

Lihat Juga  SMKN 5 Palembang Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19

Tempe yang telah diproduksi dipasarkan ke pasar tradisional di Palembang. Mulai jam 04.00, tempe diantar ke Pasar 10 Ulu, Jakabaring, KM 12 dan pasar lainnya. Tempe dijual seharga Rp3000 – Rp5000 perkeping, dengan kemasan daun pisang dan plastik.

“Kita jualan tempe ini sudah ada pembelinya, tapi kalau pembelinya kurang jadinya produksi juga kurang,” katanya.

Di masa pandemi ini, kesulitan mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha dinilai Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bukan hal yang sulit. Lantaran pemkot memberikan peluang untuk para UMKM di Palembang mendapatkan modal dengan mudah.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, pinjaman tanpa agunan mulai Rp3 juta per UMKM.

Lihat Juga  Mobil Dinas SMA dan SMK di Palembang Ditarik Paksa

“Orang yang punya usaha dengan usia kurang dari 60 tahun bisa pinjam, prosesnya akan dilakukan oleh BPR Palembang,” katanya.

Reporter: Kamayel Ar-Razi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close