NASIONALPALEMBANGSUMSEL

248 Pelamar CPNS Belum Penuhi Syarat

BritaBrita.com,Palembang-Pendaftaran lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 banyak diminati pencari kerja. Hanya saja masih ada pelamar yang tidak berhati-hati dalam mengupload persyaratan. Saat ini di wilayah VII Badan Kepegawaian Negara (BKN) ada 248 pelamar yang tidak memenuhi syarat.

Kepala BKN Wilayah VII Agus Sutiadi mengatakan, saat ini di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu sudah ada 14.972 pelamar. Diantaranya 3.977 sudah submit, 3.030 belum diverifikasi, 699 sudah diverifikasi memenuhi syarat dan 248 sudah diverifikasi tidak memenuhi syarat.

“Banyak pelamar tidak berhati-hati, terburu-buru sehingga terjadi kesalahan. Seperti, pembatasan ukuran upload foto yang tidak sesuai, ketidaktepatan yang harusnya upload foto malah ijazah. Pendaftar juga harus memiliki KTP,” katanya, usai meresmikan Helpdesk SSCASN 2019 di Kantor BKN Wilayah VII, Kamis (14/11/2019).

Peresmian Helpdesk SSCASN 2019.

Sejak pendaftaran dibuka 11 November lalu, sejauh ini formasi di Kota Palembang paling banyak. Dengan formasi yang disediakan 916, yang sudah mengisi formulir 1.591, submit 462, memenuhi syarat 67, tidak memenuhi syarat 32 dan belum diverifikasi 363.

Lihat Juga  Kalender 2020 : Tanggal Merah dan Hari Libur Nasional

Selain itu yang tinggi juga ada Kabupaten Lahat. Dengan formasi 370, pelamar sudah isi formulir ada 1.013, submit 189, memenuhi syarat 72, tidak memenuhi syarat 28 dan belum diverifikasi ada 89.

“Tahun ini ada pembatasan pelamar tidak bisa melihat formasi mana yang paling banyak dilamar. Misalkan, seperti 2018 itu pelamar bisa lihat di instansi Kota Palembang sudah sekian pelamar, di Pali baru sedikit, jadi pilih di Pali saja. Tahun ini tidak bisa lagi,” katanya.

Hal itu untuk menghindari ketidakseriusan pelamar maka keleluasaan itu dibatasi. Pemerintah ingin pelamar serius meskipun tidak melihat instansi mana yang paling banyak diminati.

“Pendaftaran sampai 24 November, tidak akan dimundur lagi, karena dikhawatirkan jadwal ujiannya akan mundur,” katanya.

Lihat Juga  Ini Skema Terbaru Penerimaan SNMPTN 2020

Pelamar tahun ini akan dihadapkan dengan soal ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang lebih sulit tetapi beberapa nilainya diturunkan. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 65 dari sebelumnya 75, Tes Intelegensia Umum (TIU) tetap 80, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dari 143 menjadi 126.

“Total sebelumnya 296 jadi 271, tapi soalnya lebih sulit,” katanya.

Memudahkan pelamar yang ingin konsultasi, BKN menyiapkan Helpdesk SSCASN di Kantor BKN Wilayah VII Jalan Gubernur H Bastari, Jakabaring. Helpdesk ini menjadi ruang bagi para pelamar berkonsultasi soal kesulitan dalam pendaftaran. Selain itu juga BKN menyiapkan kantin di parkir kendaraan untuk menjadi tempat istirahat dan makan para pelamar yang konsultasi.

“Biasanya banyak yang datang, banyak persoalan, seperti KTP dan lainnya, juga soal setelah lulus SKD tapi nilai SKB tidak memenuhi syarat. Banyak hal yang ditanyakan para pelamar,” jelasnya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close