NASIONAL

Ini 5 Bencana Tsunami Terdahsyat Sepanjang Sejarah. 2 di Antaranya di Indonesia

BritaBrita.com,JAKARTA-Indonesia kembali berduka, kali ini gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 disertai tsunami terjadi di Sulawesi Tenggara, tepatnya di daerah Palu dan Donggala pada Jumat kemarin (28/9).

Gelombang tsunami menerjang wilayah pesisir Palu dan Donggala sekitar 30 menit setelah gempa berkekuatan magnitudo 7,4 datang dan menyebabkan rusaknya bangunan dan satu korban tewas.

Indonesia sendiri memang kerap diguncang gempa dan banyak pula yang berujung tsunami karena berada di wilayah Cincin Api, dan bahkan beberapa di antaranya masuk dalam kategori terdahsyat sepanjang sejarah.

Bencana tsunami yang mana kah itu?

Langsung aja deh kita udah ngerangkum buat kalian semua 5 bencana tsunami terdahsyat di dunia sepanjang sejarah.

1. Tsunami Lisbon

Gempa bumi berkekuatan mencapai 9,0 SR ini terjadi di daerah Lisbon, Portugal, tepatnya pada 1 November 1755.

Akibat besarnya kekuatan gempa, bangunan-bangunan di sana pun roboh dan juga mengakibatkan kebakaran yang membuat banyak orang meninggal dunia dengan cara terbakar hidup-hidup.

Nggak berhenti sampai di situ, 40 menit setelah gempa muncul gelombang tsunami yang tingginya hampir mencapai 30 meter dan menyebabkan sekitar 70 ribu orang di Portugal, Spanyol, dan Maroko meninggal dunia.

Lihat Juga  Sudah 2.592 Orang di China Mati Mengenaskan Akibat Virus Corona

2. Tsunami Arica

Pada 1868, gempa terjadi di dekat Arica, Peru dengan kekuatan 8,5 hingga 9,0 SR yang menghasilkan tsunami di daerah sekitar Samudera Pasifik.

Besarnya kekuatan gempa dan tingginya gelombang tsunami yang mencapai 14 meter itu menghancurkan sebagian besar kapal di pelabuhan dan tercatat lebih dari 25 ribu orang kehilangan nyawa akibat bencana tersebut.

3. Tsunami Krakatau

Pada tahun 1883 lalu, terjadi letusan gunung api krakatau yang bahkan menjadi letusan gunung berapi paling mematikan sepanjang sejarah modern.

Tiga letusan pertama menyebabkan ledakan yang hebat, sedangkan letusan keempat menyebabkan tsunami yang merusak daerah-daerah di sekitar pesisir dan menewaskan lebih dari 36 ribu orang akibat bencana ini.

4. Tsunami Aceh

Gempa bumi berkekuatan 9,1 SR mengguncang daerah sekitar Aceh yang juga menyebabkan gelombang tsunami setinggi 30 meter pada tahun 2004 lalu dan bahkan mencapai daratan Afrika dalam waktu beberapa jam.

Lihat Juga  Sudah 2.592 Orang di China Mati Mengenaskan Akibat Virus Corona

Dahsyatnya tsunami Aceh menyebabkan 230 ribu korban jiwa dari 14 negara, yang 170 ribu di antaranya berada di Indonesia dan menjadi bencana alam terparah sepanjang sejarah modern.

5. Tsunami Tohoku

Negeri Sakura ini diguncang gempa berkekuatan 9,1 SR pada Maret 2011 lalu, tepatnya di bawah laut lepas pantai Jepang.

Gempa yang mengakibatkan tsunami mencapai ketinggian gelombang hingga 40 meter ini menyebabkan 120 ribu unit bangunan hancur dan ribuan nyawa hilang.

Selain itu tsunami Tohoku juga menyebabkan kegagalan di PLTN Fukushima Daiichi yang berbuntut pada kebocoran bahan radioaktif.

Nah, itu dia bencana tsunami paling dahsyat di dunia sepanjang sejarah seperti dilansir grid.id.

Semoga bencana alam semacam ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua, sehingga ke depannya dapat diantisipasi dengan baik untuk meminimalisir jumlah korban

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close