NASIONALPALEMBANGSUMSEL

Anca Terpilih Jadi Ketua IJTI Sumsel, Firdaus Komar Terima PCNO

HPN 2020

BritaBrita.com,PALEMBANG-Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020 di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan diisi juga dengan berbagai kegiatan oleh insan pers di daerah.

Misalkan saja, pemilihan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2020-2023 yang digelar di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Sabtu (8/2/2020). Terpilih sebagai Ketua IJTI yang baru, Ardiansyah Nugraha (Net TV) setelah mengalahkan kandidat lainnya, Sri Febriyandi.

Dari 37 suara anggota IJTI Sumsel yang hadir dalam Musyawarah Daerah IV IJTI Sumsel 2020 itu sebanyak 23 anggota memberikan suaranya kepada Ardiansyah dan 13 suara untuk Sri Febriyandi, sementara 1 suara dinyatakan tidak sah.

Ardiansyah atau biasa disapa Anca, mengatakan, dirinya sangat berterimakasih kepada anggota IJTI Sumsel yang sudah memberikan suara untuknya. Ketua IJTI periode 2013-2015 itu mengaku, dirinya kembali terjun sebagai calon Ketua IJTI.

“Saya ingin maju karena rasa sayang saya kepada IJTI. Karena tiga tahun belakang memang IJTI tidak aktif. Sementara di tahun-tahun belakang cukup banyak acara besar yang digelar IJTI Sumsel. Saya terpanggil untuk maju kembali,” katanya.

Lihat Juga  Astaga! Harimau di Kebun Binatang Positif Terinfeksi Virus Corona

Sebelum maju dalam pencalonan dirinya sudah menyiapkan sekretariat IJTI Sumsel untuk tempat bernaung para anggota IJTI. Bahkan sudah melengkapi fasilitas didalamnya, dimana sekretariat IJTI tersebut sudah siap untuk ditempati.

“Saya ingin membangun IJTI yang bermartabat. Diantaranya dengan menjalin hubungan dengan anggota IJTI di Sumsel. Melindungi jurnalisme televisi dan hak-hak serta perlindungan hukum bagi jurnalis televisi,” ujar Ardiansyah

Ardiansyah mengungkapkan, dirinya juga sudah bertekad untuk mengadakan kegiatan-kegiatan baik skala nasional maupun internasional di Sumsel. Seperti yang dilakukan beberapa tahun lalu, dimana pernah menggelar pertemuan jurnalisme televisi tingkat Internasional yang diikuti 10 negara di Asia. Bahkan pada 2015, pihaknya sudah menggelar UKJ televisi perdana di Indonesia.

“Kita juga pernah menggelar program besar yakni seminar nasional dengan tema menakar arah politik 2014. Kedepan kami akan menggelar kegiatan-kegiatan serupa lagi,” ungkapnya.

Lihat Juga  Jumlah Terbatas, Pelayanan SIM di Polrestabes Palembang Tetap Buka

Firdaus Komar Terima PCNO

Sementara itu, dalam momen HPN 2020 Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, Firdaus Komar bersama 16 wartawan se-Indonesia menerima Press Card Number One (PCNO) yang diserahkan langsung oleh Ketua PWI pusat Atal S Depari, pada acara puncak HPN 2020 di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (9/2/2020).

Selain Firdaus, dua wartawan dari Sumsel lainnya yang menerima PCNO yaitu Kurnati Abdullah dan Oktaf Riady.

Bagi Firdaus momentum HPN 2020 selain menerima PCNO juga me-launching buku baru yang tekait isu aktual saat ini. Buku dengan judul “Wartawan di tengah Perubahan Flatform Arus Informasi” diterbitkan khusus pada momen HPN 2020 bersama dengan buku buku lainnnya se Indonesia. Bagi Firdaus ini buku ketiga diterbitkan PWI Pusat sebelumnya tahun 2013 judul Implementasi Kemerdekaan pers antara Ancaman dan tantangan kemudian tahun 2014 juga menerbitkan buku dengan judul Piagam Palembang. (mna/rel)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close