NASIONALOLAHRAGA

FIFA Bakal Tinjau Stadion Jakabaring Palembang

BritaBrita.com, Palembang-Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Sumatera Selatan, Ucok Hidayat, mengatakan dalam waktu dekat FIFA akan datang ke Kota Palembang untuk meninjau stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ).

Dia menyebut, kedatangan FIFA ke Bumi Sriwijaya itu untuk melakukan inspeksi lapangan untuk menentukan stadion mana yang paling layak untuk ditetapkan sebagai penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

“Ya (FIFA akan ke Palembang). Rencana kedatangan mereka dijadwalkan pada 27 November 2019 mendatang,” ujar Ucok di Palembang, Sabtu (2/11/2019).

Hal itu makin diperkuat lantaran pihaknya telah melakukan komunikasi dengan PSSI tentang kedatangan FIFA ke stasion Gelora Stiwijaya Jakabaring.

“Artinya ini juga meluruskan kabar hoaks yang beredar jika FIFA telah memutuskan enam stadion. Kita masih menunggu keputusan FIFA. Saya tegaskan enam stadion telah ditetapkan itu tidak benar,” ucap dia.

Pihaknya telah meyakinkan PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bahwa stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Kota Palembang memang layak untuk menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan pertandingan event olahraga skala Internasional itu.

Lihat Juga  Iuran BPJS Naik Tinggi, Peserta Siap-siap Turun Kelas

“Kompleks Jakabaring Sport City itu satu-satunya di Indonesia dan Asia yang punya berbagai fasilitas olahraga terpusat di salah satu kawasan. Kemudian, kita juga punya lapangan atletic ada dua di komplek JSC. Selain itu stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring juga sangat siap,” katanya.

“Terpenting, kita telah teruji dan berpengalaman dalam mengelar event berskala Internasional itu,” katanya.

Sementara itu, Dirut PT Jakabaring Sport City (JSC) selaku pengelola stadion GSJ, Meina Fatriani Paloh mengatakan, terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dan masuknya stadion GSJ menjadi salah satu tempat pertandingannya karena Palembang sudah sangat siap untuk menjadi salah satu tempat pertandingan.

Bahkan, pihaknya juga memastikan bahwa untuk rumput stadion GSJ tidak ada masalah. “Untuk Rumput tidak ada masalah karena kita selalu melakukan maintenance pemupukan,” ujar Meina.

Meina mengungkapkan, untuk fasilitas lainnya seperti kursi, wifi, sound system, lampu lighting juga sudah siap semua.

Lihat Juga  Jadi Kekuatan Besar Dunia, Partai Gelora Tawarkan Gagasan Membangun Indonesia

“Lapangan pemanasan bisa dipakai di lapangan atletik. Intinya stadion GSJ dengan segala fasilitasnya sangat siap menjadi tuah rumah Piala Indonesia U-20,” ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pihaknya menyambut baik stadion GSJ dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dirinya mengaku menjadi salah satu gubernur yang menandatangani kesiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. “Rakyat Sumsel harus menyambut ini dengan rasa gembira karena Piala Dunia U-20 ini merupakan ajang olahraga terbesar di dunia,” katanya

Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera memperbaiki fasilitas yang ada di stadion GSJ mulai dari kondisi rumput dan berbagai fasilitas dengan skala internasional sesuai dengan regulasi FIFA.

“Tentu kita akan perbaiki semua fasilitas baik itu rumputnya akan diganti dengan rumput berska internasional dan fasilitas lain dari yang ringan sampai yang mahal sekalipun kita siap,” ujar Deru.

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close