NASIONAL

Inilah Deretan Berlian Termahal yang Ada di Dunia. Harganya Triliun Rupiah ke Atas

BritaBrita.com,Jakarta-Siapa yang tak tahu dengan berlian, batu mulia yang satu ini merupakan jajaran batu mulia termahal di dunia. Bahkan berlian kerap dijadikan sebagai primadona dalam industri perhiasan.

Harganya pun terbilang fantastis. Untuk bisa memiliki berlian seberat 1,5 carat saja, kamu harus merogoh kocek sebesar US$21 ribu atau setara dengan Rp 290 jutaan. Itu mungkin paling kecil nilainya.

Berlian mahal menurut Devi Chayadi, GG, AJP, pakar berlian PT CMK seperti dikutip kumparan.com Merupakan satu-satunya yang terbuat dari karbon murni, dengan presentase mencapai 99,95 persen.

“Yang membuat berlian berbeda karena proses pembentukannya dalam suhu yang sangat tinggi dan tekanan yang sangat besar,” jelasnya lagi.

Sejatinya, berlian terbentuk jauh di dalam bumi. Kedalaman ini mencapai 1400 kilometer di bawah permukaan laut, dengan tekanan hingga 60 ribu kilobar.

Setelah jutaan tahun berlalu, oleh tekanan dan pergeseran perut bumi, barulah berlian secara perlahan terdorong naik ke permukaan.

Selain itu, berlian memiliki pesona yang tak dimiliki oleh batu mulia lainnya. Yaitu kemampuan memantulkan cahaya yang luar biasa baik. Semua karena karakteristik unik yang terkandung dalam berlian.

Namun, jangan bayangkan akan menemukan berlian oval siap pakai seperti yang ada di toko perhiasan, ya. Karena semua berlian datang dalam wujud kasar, mirip dengan kerikil.

Agar bisa memancarkan kilau indahnya, berlian harus melalui proses cutting atau asah. “Ini merupakan satu-satunya kontribusi manusia dalam pembentukan berlian,” ujarnya.

Berlian juga dikenal sebagai batu paling keras di dunia. Tak ada satupun yang mampu menggores ataupun membelah berlian, selain berlian itu sendiri.

Lihat Juga  Mengerikan! Pengangguran di Sumsel Meningkat

Daya tahannya yang luar biasa inilah yang semakin meningkatkan nilai berlian. Maka tidaklah mengherankan, berlian jadi perhiasan yang diwariskan turun-temurun lintas generasi.

Batu ini juga tahan panas, bahkan saat terkena api sekalipun. “Berlian enggak akan terbakar kalau belum ketemu suhu 1300 derajat celcius,” jelas Devi lagi.

Meski tercipta sangat keras, bukan berarti berlian tidak bisa pecah. Berlian baru akan hancur berkeping-keping jika terbentur pada ‘weak point’ atau titik lemahnya.

Proses pembentukan jutaan tahun serta ketelatenan tangan manusia dalam mengasah berlian menjadikan batu ini bernilai tinggi. “Selain itu, berlian merupakan batu alam yang bisa habis. Ini yang membuat berlian jadi investasi yang nilainya tinggi,” pungkasnya.

Nah, sudah tahu kan mengapa berlian begitu mahal. Coba kita cari tahu Top Five berlian termahal yang ada di bumi. LllTak heran, harganya selangit hingga triliunan rupiah.

Berikut Top Five, berlian termahal di dunia:

5. De Beers Centenary Diamond – US$100 Juta setara 1,4 Triliun rupiah.

Memiliki berat sebesar 273,85 karat, De Beers Centenary adalah berlian terbesar ketiga dari Premier Mine. Perusahaan yang juga memproduksi berlian dengan nama Cullinan.

De Beers Centenary berasal dari berlian mentah sebesar 599 karat. Dan memiliki rating warna dalam kelas D. Nama De Beers Centenary didapatkan setelah adanya acara Centennial Celebration pada 11 Mei 1988.

  1. The Hope Diamond – US$350 Juta setara 4,9 Triliun rupiah
The Hope Diamond
Foto : GI

The Hope Diamond adalah berlian berwarna biru yang ditemukan di India sekitar tahun 1600. Nama Hope yang menjadi nama berlian seberat 45,52 karat ini diambil dari nama pemilik pertamanya.

Lihat Juga  Jokowi Akan Resmikan Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung

Hingga saat ini, The Hope Diamond telah berpindah kepemilikan sebanyak 22 kali hingga akhirnya menetap di Museum Smithsonian pada 1958. The Hope Diamond memiliki nilai asuransi sebesar US$250 juta (Rp3,5 triliun).

  1. The Cullinan – US$400 Juta setara 5,6 Triliun rupiah
The Cullinan
Foto : GI

Inilah berlian terbesar dengan potongan paling rapi yang pernah ada. The Cullinan merupakan berlian premier nomor 2 yang ditemukan di Cullinan,Afrika Selatan.

Berlian mentahnya sendiri memiliki berat sekitar 3.106,7 karat atau sekitar 621,35 gram. Selain menghasilkan Cullinan, berlian mentahnya juga menghasilkan 9 berlian lain yang menjadi bagian dari mahkota United Kingdom.

  1. The Sancy Diamond – Masih Tak Terkira, Priceless
The Sancy Diamond
Foto : GI

The Sancy Diamond adalah berlian berwarna kuning pucat dengan bentuk seperti tameng.

Berlian ini adalah salah satu berlian yang memiliki reputasi cukup baik di Eropa dan secara turun temurun digunakan oleh raja-raja UK sebelum akhirnya hilang pada saat Revolusi Prancis.

Setelah berkali-kali berpindah kepemilikan, menghilang, dan muncul kembali, The Sancy Diamond saat ini berada di Galeri Apollo.

  1. The Koh-I-Noor – Masih Tak Terkira, Priceless
The Koh-I-Noor
Foto : GI

Ini berlian yang memiliki nilai tertinggi dibawah kolong langit. The Koh-I-Noor merupakan bahasa Persia yang memiliki arti sebagai Gunung Cahaya.

Pada awalnya, berlian ini memiliki berat sekitar 105,6 karat, kemudian Pangeran Albert memotongnya hingga menjadi 86 karat untuk meningkatkan kemilau cahayanya.

Meski bernilai tak terkira, berlian yang satu ini dipercaya sebagai berlian pembawa petaka. Terbukti, setiap pemiliknya akan mengalami nasib sial.

(dari berbagai sumber)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close