BISNISNASIONAL

Jokowi Calonkan Mantan Menteri SBY Jadi Pimpinan Bank Dunia

BritaBrita.com,JAKARTA-Presiden Joko Widodo mencalonkan mantan menteri era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk duduk dalam pimpinan Bank Dunia.

Ia adalah Marie Elka Pangestu, Menteri Perdagangan masa jabatan 2004-2011 dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2011-2014.

“Mencalonkan Ibu Marie Pangestu untuk menjadi wakil Indonesia di World Bank,” ujar Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

“Sekarang sedang diproses. Kita doakan mungkin dalam waktu dekat ini akan ada pengumuman mengenai itu,” sambung dia.

Selama ini ujarnya, Indonesia kurang agresif mencalonkan putra atau putri terbaik bangsa duduk sebagai wakil Indonesia di lembaga-lembaga besar dunia, termasuk di Bank Dunia.

Lihat Juga  Wali Kota Medan Terima Suap Demi Perjalanan Bareng Keluarga ke Jepang

Hal ini membuat jumlah putra atau putri terbaik Indonesia yang mendapatkan kesempatan duduk dalam kursi pimpinan lembaga internasional, sangat sedikit.

Padahal kata Luhut, sosok seperti Marie Elka Pangestu adalah anak bangsa yang bisa memenuhi kualifikasi sebagai pimpinan lembaga keuangan dunia sekelas Bank Dunia.

Pemerintah akan mendorong Marie agar bisa duduk di kursi pimpinan bank dunia. Bahkan ucap Luhut, Presiden Jokowi akan turun tangan langsung.

“Ke depan Presiden mengatakan demikian, kalau perlu Presiden akan menelepon sendiri kepada organisasi itu untuk mengkonsider calon Indonesia masuk Bank Dunia,” kata Luhut.

Sebenarnya, Indonesia pernah memiliki wakil di Bank Dunia. Bahkan jabatanya sangat tinggi yakni Direktur Pelaksana Bank Dunia. Orang tersebut yakni Sri Mulyani yang kini menjadi Menteri Keuangan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close