NASIONALPALEMBANG

Macet Panjang, Jalan Sudirman Palembang Diblokir Warga. Ini Sebabnya

BritaBrita.com,PALEMBANG-Jalan Sudirman yang merupakan jalan protokol di Palembang tiba-tiba diblokir warga, Rabu (9/1/2019). Warga yang juga turut berdemo ini berasal dari pemilik ruko/pelaku usaha, pedagang dan pekerja lainnya di sekitar lokasi.

Mereka menuntut pemerintah setempat agar membuka lahan parkir di sepanjang Jalan Sudirman. Sebab, penutupan parkir itu hanya dijanjikan ketika Palembang menghadapi Asian Games 2018. Begitu Asian Games telah usai seharusnya dibuka kembali.

Menurut pelaku usaha di Jalan Sudirman, Manik, semenjak larangan parkir pada Juli 2018 lalu hingga sekarang dampaknya omset usaha mereka mati, bahkan tinggal menunggu tutup saja karena terus merugi.

“Dampaknya sampai ada jual ruko,  ada juga yang kabur karena tidak sanggup bayar pajak,” ujarnya.

Lihat Juga  Fakta-fakta Meninggalnya Istri Ustaz Maulana, Mengidap Kanker Usus Selama 7 Tahun

Para pelaku usaha beberapa kali mengirimkan surat kepada Dinas Perhubungan (Dishub) bahkan Pemerintah Kota dan Provinsi agar parkir di Jalan Sudirman dibuka kembali.

“Harusnya ada keputusan yang saling menguntungkan. Kalau begini terus bagaimana usaha kami, tinggal menunggu mati saja,” ujarnya.

Pelaku usaha yang lain, Jimmy, mengaku kebijakan larangan parkir di Jalan Sudirman membuat pelaku usaha merasa dirugikan. Hal ini karena turunnya omset yang didapat hingga ratusan ribu setiap harinya.

“Katanya cuma sampai Asian Games, tapi sampai sekarang masih dilarang, dampaknya kan juga kepada pemerintah, pajak dan sebagainya,” katanya.

Terpisah, Kapolresta Palembang, Kombes Pol Wahyu Bintono Haribawono membenarkan larangan parkir itu memang telah berlaku sejak sebelum menyambut Asian Games 2018 hingga sekarang. Untuk itu, dia akan membicarakan persoalan ini kepada Pemerintah Provinsi Sumsel.

Lihat Juga  Herman Deru Optimistis Pemilu 2019 di Sumsel Berjalan Sukses

“Saya akan coba membicarakannya dengan kepala daerah, semoga segera dicarikan solusinya. Tadi kita minta pedagang membuka jalannya karena menggangu arus lalulintas,” katanya. (Maya Citra Rosa)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close