KolomNASIONAL

Pentingnya Sumpah Pemuda Bagi Generasi Milenial

Banyak sejarah-sejarah yang ada di Negara Republik Indonesia ini yang bisa dijadikan acuan untuk generasi millenial

Oleh : Muhammad Raafi’ Azhar I Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Oleh : Muhammad Raafi’ Azhar

Sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan di saat kemerdekaan Negara Republik Indonesia, bagi generasi millenial momentum sumpah pemuda yang bertepatan pada tanggal 28 oktober 2019 ini dapat dijadikan sebagai mome nuntuk melakukan kegiatan ini yang salah satu tujuannya adalah melihat kembali nilai-nilai perjuangan nasionalisme di masa laludan masa kini.

melanjutkan semangat perjuangan yang dilakukan di masa lalu, sayangnya di generasi millennial inibanyak orang-orang yang tidak acuh terhadap momentum di harisumpah pemuda ini.

Saya selaku salah satu darigenerasi millennial sangat miris melihat kelakuan dari generasi millenial ini, bahkan saya sering sekali mendengar kalau generasi millennial dikritik bahkan dibanding-bandingkan dengan generasi terdahulu dimulai dari semangat, etoskerja, etika, loyalitas. Generasi Millenial sendiri menurut pan dangan saya identik dengan banyak gaya, susahdi pahami, manja, maunya instan saja.

Lihat Juga  Diguyur Hujan, Jamaah Tetap Ramai Melayat Ustaz Taufiq Hasnuri

Dengan adanya sumpah pemuda merupakan bentuk buktinya perjuangan pemuda-pemuda terdahulu, dan pada tanggal 28 Oktober 1928 tercetuslah sumpah pemuda yang dideklarasikan oleh pemuda-pemuda Indonesia dan membuat setiap tanggal 28 oktober diperingati dengan hari sumpah pemuda.Sumpah pemuda juga dibentukbertujuan agar adanyapenyatuan agar tidakterjadinyaperpecahanantarorganisasikepemudaan.

Awal lahirnya sumpah pemuda ialah diadakannya Kongres pemuda yang diadakan di Jakarta, Kongres ini diadakan sebanyak dua kali.Pertama kali diadakan pada tahun 1926, sedangkan Kongres yang kedua diadakan pada tahun 1928, dan hasil darikongres kedua ini menyepakati untuk mencetuskan sumpah pemuda.

Untuk itulah di era millennial ini sangat penting digunakan semangat-semangat pemuda terdahulu, apalagi sudah saya jelaskan di atas bagaimana kelakuan pemuda generasi millennial ini.Untuk membangun neger iini peran pemuda sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa ini.Untuk itu kaum pemuda di era millennial ini harus bersatu untuk membangun negeri ini, dan hindarilah perpecahan sesama bangsa, negeri ini butuh Patriot dari kalangan milenial kelak.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close