NASIONALOLAHRAGA

Sumsel Bersaing Ketat Untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

BritaBrita.com,Palembang-Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang harus bersaing ketat dengan stadion lainnya di Pulau Jawa demi mendapatkan satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Hak ini terlihat saat kunjungan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam ke kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa (11/2/2020).

Turut hadir Gubernur Sumsel H Herman Deru, Ketua Umum KONI Sumsel H Hendri Zainudin, Asprov PSSI Sumsel, Ucok Hidayat dan jajaran OPD beserta unsur terkait.

Dalam kesempatan itu, paparan langsung disampaikan berbagai pihak mulai dari kesiapan Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) oleh Direktur PT JSC Meina Paloh, persiapan kesehatan dari Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nurainiy, dan kesiapan keamanan oleh perwakilan Polrestabes Palembang dan juga kesiapan akomodasi dari Dinas Pariwisata Sumsel.

Gubernur Sumsel dalam kesempatan tersebut memastikan PSSI tak perlu ragu mengenai kesiapan Sumsel. Pasalnya, event dunia kerap menyambangi Palembang.

“Yang tak bisa ditiru di Sumsel adalah pengalamannya. Sejak PON, SEA Games, Asian Games dan berbagai kejuaraan dunia lain, sukses digelar,”ujar Herman Deru.

Lihat Juga  Pertama Kali Dalam Sejarah Meniadakan Salat Jumat

Ia menambahkan, jika Sumsel dipilih menjadi satu dari enam yang akan ditunjuk menjadi host city maka Pemerintah Pusat tak perlu banyak menambah fasilitas. Apalagi Sumsel dilengkapi dengan Light Rail Transit (LRT) dan standar stadion yang berlevel Internasional.

Menurutnya, Sumsel siap berkordinasi dengan FIFA dan PSSI manakala menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-21 tahun depan. Apalagi, JSC juga sudah dikenal di manca negara.

“Kami tak ingin JSC senasib dengan sport center lain, yang dikonversikan menjadi tempat bisnis. Yang saya ingin adalah JSC tetap jadi sport center, pusatnya olahraga kebanggaan Sumsel,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan kunjungan secara maraton di berbagai daerah di Indonesia untuk memilih beberapa stadion yang layak untuk menjadi tuan rumah baik stadion utama maupun pendamping.

“Awalnya ada 10 yang menjadi tuan rumah dan sekarang ada tambah satu Pekanbaru jadi 11. Dari 10 sampai 11 ada 4 akan jadi stadion world cup, tapi kita minta supaya ada 6 stadion,” jelasnya.

Lihat Juga  Terapkan Lockdown Lokal, Wali Kota Tegal: Lebih Baik Saya Dibenci Warga Daripada..

Pengajuan 6 stadion ini, PSSI berharap kejuaraan dunia ini bisa menjadi sejarah bagi beberapa stadion di Indonesia bahwa Indonesia pernah sukses menjadi tuan rumah piala dunia.

“Ini adalah Piala Dunia pertama di Indonesia, kita berharap persiapan kita terus matang,”pungkasnya.

Untuk diketahui lawatan Ketua Umum PSSI ini merupakan lawatan dalam rangka persiapan menyambut Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Kemungkinan besar Maret 2020 bulan depan, FIFA akan mengumumkan enam ‘host city’ yang ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Setelah pada 1 Februari 2020 berkunjung ke Bandung dan berlanjut ke DIY dan Jawa Tengah pada 8-9 Februari 2020, serta ke Jawa Timur pada 9-10 Februari 2020, hari ini, Selasa, 11 Februari 2020, Ketua Umum PSSI M. Iriawan dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria datang ke Palembang.

Iriawan dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menginspeksi stadion maupun lapangan di Jakabaring Sport City yang dinominasikan sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Reporter : Sugi/lusiana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close