NASIONALPALEMBANGSUMSEL

Warga Palembang Protes Pajak Bumi Bangunan Naik Selangit

BritaBrita.com,Palembang – Warga Kota Palembang dikejutkan dengan kenaikan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2019 yang ditetapkan Badan Pengelolaan Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang. Pasalnya kenaikan dinilai tak wajar, tanpa sosialisasi dan dilakukan sepihak.

Atas kebijakan yang dinilai merugikan, warga dari berbagai kecamatan di Kota Palembang mendatangi Kantor BPPD Palembang di Jalan Merdeka yang sebelumnya bernama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Jumat (10/5/2019). Mereka komplain karena dinilai tidak realistis dan sangat memberatkan.

Warga Sukarami Palembang, Irwan saat dikonfirmasi mengaku sangat terkejut dengan tingginya harga kenaikan.

“Tahun lalu saya dikenakan pajak hanya Rp400ribu, loh kok sekarang jadi Rp2 juta , alasannya hanya karena menyesuaikan antara Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dengan harga jual tanah,”katanya usai dari ruang konsultasi PBB.

Lihat Juga  Terungkap, Wanita Misterius Bercadar Pembawa Ransel saat Rusuh 22 Mei

Warga lainnya, Indah,seorang ibu rumah tangga warga Ilir Barat 2, mengeluh karena tidak adanya pemberitahuan dari pihak pemerintah maupun RT (rukun tetangga) tempat tinggal nya.

“Ya saya terkejut, kok tiba tiba naiknya sebesar ini, ga main main loh naiknya, saya biasanya Rp200 ribu kok ketika mau bayar jadi Rp900 ribu lebih. RT atau kelurahan juga tidak ada pembicaraan mengenai kenaikan PBB, harusnya masyarakat diberitahu kejelasannya, agar tidak ada kekecewaan warga” katanya.

Bahkan warga mengeluhkan kondisi ekonomi yang belum membaik justru dibebankan dengan pajak yang sangat besar. “Saya ini sudah janda dan pensiun. Belum lagi bayar listrik, PAM, pajak motor dan lainnya. Ini dibebankan lagi dengan PBB yang naiknya gak kira-kira,” ucap warga lainnya.

Lihat Juga  KPU Tetapkan Jokowi-Ma'ruf Pemenang Pilpres 2019

Sementara itu, Kepala Bidang PBB dan BPHTB, Hairul Anwar ketika hendak dikonfirmasi Assajidin Group pukul 14:00 WIB sedang tidak ada di kantor.

Reporter : Tri Jumartini

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close