OLAHRAGAPALEMBANGSUMSEL

Lima Srikandi Catur Sumsel Lolos di PON Papua

BritaBrita.com,Palembang-Sebanyak lima srikandi catur putri lolos di ajang Single Event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Prakualifikasi PON di Brastagi, Sumatera Utara pada 20-27 November 2019.

Kelima atlet catur putri andalan Sumsel tersebut adalah Alivia Novyansari WNM, Nyimas Sonya Nafa WNM, Nyimas Shieta Prima WNM, Alicia Fitri Wahida dan juga Xena Lorens.

Mereka pun akan tampil pada ajang multievent terbesar Tanah Air yakni PON Papua pada September 2020 mendatang.

“Ya, anak-anak baru saja pulang dari Kejurnas Pra PON di Brastagi, Sumut. Meski belum ada bantuan KONI Sumsel sampai kepulangan mereka namun berkat perjuangan atlet mereka bisa lolos ke PON Papua,”ujar Sekretaris Umum Percasi Sumsel, Mursili Tjik Aman, S.Sos, Jumat (29/11/2019).

Lihat Juga  Herman Deru Janji Tahun 2020 Seluruh Desa Terang Benderang

Ia menambahkan jelang keberangkatan menuju Kejurnas Pra PON kemarin atlet catur Sumsel nyaris tak bisa berangkat karena KONI Sumsel belum bisa support pendanaan.

“Akhirnya kami mengupayakan mencari pinjaman dana ke Pengda Percasi Pali dan Pengda Percasi Muba. Kanapa kita pinjam dua Pengda tersebut karena atlet catur yang berangkat dari Muba dan Pali,”jelasnya.

“Kita ingin KONI Sumsel selaku induk semua cabang olahraga lebih maksimal lagi dalam mempersiapkan atletnya ke PON Papua. Karena perjuangan mereka untuk lolos PON sangat luar biasa,”tambahnya lagi.

Menurutnya, program Training Center (TC) atau pemusatan bagi atlet PON seharusnya mulai dipetakan. Terutama dukungan ke pengurus cabang olahraga yang secara teknis lebih paham kondisi atlet-atletnya.

Lihat Juga  Pelatih Teco Cetak Sejarah Usai Hantarkan Bali United Juara Liga 1 2019

“Sehingga persiapan maksimal dan tepat sasaran. Baru kemudian bicara harapan dan hasil PON Papua nanti,”urainya.

Reporter : Sugi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close