OTOMOTIF

Cegah Anak dari Efek Negatif Gadget, Begini Caranya

BritaBrita.com-Memasuki era digital yang semakin canggih, salah satunya Gadget atau gawai menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang, tak hanya orang dewasa yang mengenal gadget bahkan anak-anak pun sudah mengenal gadjet.

Umumnya, anak akan lebih tenang dan nyaman ketika ia telah memainkan gadget baik untuk sekedar melihat tayangan youtube atau bermain game. Namun, anak-anak dengan usia dini sebenarnya sangat tidak disarankan bermain gadget terlalu lama.

Namun, perlu diingat untuk orang tua bahwasanya Ideal usia anak menggunakan handphone atau gadget yaitu diatas usia 12 tahun. Kebanyakan orang tua menggunakan Gadget sebagai pembantu untuk mengalihkan perhatian anak-anak ketika orang tua sibuk dan tidak mengganggu pekerjaan.

Dampak bermain gadget terlalu sering pada anak sangat mengerikan. Menurut Psikolog Pendidikan yang banyak berkecimpung di dunia anak-anak, Syarifah Annisa, S. Psi., M. Psi., mengatakan berbagai macam dampak yang di timbulkan.

Menghambat perkembangan anak merupakan salah satu dampak yang terlihat. Ketika anak menggunakan gadget atau televisi, anak akan fokus pada satu titik saja dan tidak bisa mengakibatkan pandangannya ketempat lain yang mengakibatkan otot-otot mata tidak terlatih dan kuat sehingga anak kesulitan memusatkan pandangannya menjadikan si anak anti sosial bahkan menyebabkan anak kecanduan menggunakan gadget.

Agar tidak terjadinya hal-hal seperti itu, ada beberapa cara bijak yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Cara tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Ajak anak bermain.
Ketika kita ingin anak terhindar dari risiko kecanduan gadget, usahakan untuk mengajaknya bermain atau menghabiskan waktu bersama. Umumnya, kebiasaan bersama orangtua akan membuat anak semakin sayang orangtua, merasa semakin diperhatikan dan mampu bersosialisasi dengan baik.mengaja anak bermain juga melatih otot-ototnya bergerak.

2. memberikan contoh yang baik untuk anak.
Berikan contoh yang baik ke anak. Ketika orangtua melarang anak bermain gadget, orangtua juga harus memberi contoh untuk menanggalkan sementara gadgetnya dan menyempatkan waktunya untuk bermain bersama anak atau melakukan aktivitas bermanfaat lainnya.

3. Kesadaran dari orang tua.
Kesadaran dari orang tua agar mengetahui bahaya gadget juga amat lah penting, orang tua juga harus lebih extra waktu untuk bersama anak. Membuka diri kepada anaknya dan menyadari bahwa anak membutuhkan orangtua. (tri)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close