OTOMOTIFPALEMBANGSUMSEL

Siapkan 10 Bus Baru, PT Trans Musi Mau Tambah Tiga Rute

BritaBrita.com,Palembang-PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) memiliki 10 bus baru yang akan dioperasionalkan Maret 2020 mendatang. Hal ini seiring dengan ditambahnya rute Trans Musi untuk memperluas pelayanan kepada masyarakat Palembang.

Direktur PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) Anthony Rais mengatakan, belum lama ini 10 bus baru bantuan Kementerian Perhubungan telah tiba dan setelah penyelesaian pengurusan surat-suratnya siap mengaspal di Palembang.

“Kita sedang urus uji KIR, surat menyurat di Samsat dan lainnya. Maret sudah bisa operasional,” katanya, Kamis (26/12/2019).

Direktur PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) Anthony Rais

Maret 2020 juga, akan mulai mengoperasikan tiga rute baru yaitu di rute Alang-Alang Lebar (AAL) – Kolonel Atmo, Asrama Haji – Sako dan Plaju – Pasar Induk. Sebelumnya ada sebanyak sembilan rute yang sudah pihaknya ajukan, namun yang sudah siap beroperasi ada tiga rute.

Lihat Juga  Siswa SMA/SMK Belajar Dari Rumah Hingga 25 April

“Tiga rute baru ini merupakan rute feeder yang semula diajukan sebanyak sembilan rute, namun dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) disetujui tiga rute,” ujarnya.

Ia mengatakan, tiga rute ini juga sebagai feeder (pengumpan) untuk ke LRT. Sehingga tiga rute ini tidak berbenturan dengan rute LRT. Sehingga masyarakat tetap menggunakan LRT yang tidak dilalui oleh Trans Musi.

“Untuk rute AAL nanti bus lewat jalur Sudirman (tidak sejalur lurus dengan LRT), untuk yang Asrama Haji ke Sako nanti lewat Jalan Noerdin Panji, sedangkan rute Plaju ke Pasar Induk lewat jalan Tegal Binangun,” jelasnya.

Nantinya, ketiga rute ini akan menggunakan 35 bus BRT besar dan 20 bus kecil yang akan dibagi, dimana pembagian tersebut 12, 3 dan 35. “Kabar baiknya, 3 rute baru ini, karena merupakan program Kemenhub Buy The Bus Service, maka akan ada subsidi, maka untuk tahap percobaan akan gratis,” katanya.

Lihat Juga  Gelar Salat Hajat Berjamaah, Herman Deru: Mari Kita Memohon Kepada Allah Agar Virus Corona Segera Hilang

Maka dari itu, untuk tiga bulan awal operasi pihaknya tidak akan memungut biaya, sedangkan untuk selanjutnya biaya tarifnya sedang diperhitungkan.

“Selain rute baru SP2J juga melakukan penyetopan rute, dimana untuk rute Indralaya – Bukit dipastikan di stop mulai tahun depan. Ini berlaku mulai 1 Januari 2020,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close