PALEMBANGSUMSEL

1000 Ton Sampah Palembang Hasilkan Listrik 20 MW

PLN Siap Beli Listrik 13 USD Per kWh

BritaBrita.com,Palembang- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyatakan akan mengolah 1000 ton sampah menjadi listrik 20 Mega Watt (MW).

Sesuai dengan Peraturan Presiden (PP) Nomor 35 Tahun 2018, Palembang ditetapkan sebagai salah satu kota yang menerapkan incenelator di Indonesia.

Incenerator menjadi langkah pihaknya dalam menyelesaikan persoalan sampah. Dimana, tungku pembakaran akan menjadikan sampah menjadi energi listrik.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, rencana penanganan sampah dengan incenelator ini sudah menunjukkan perkembangan yang positif. Salah satunya PLN mendukung proyek ini dan siap membeli listrik yang dihasilkan.

“PLN akan membeli listriknya, kita akan siapkan regulasinya,” katanya usai melakukan rapat bersama PT PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB), di Kantor PLN, Kamis (16/1/2020).

Harnojoyo mengatakan, nilai investasi pembangunan incenelator di Keramasan itu senilai Rp1,7 triliun. Dipastikan setelah perjanjian kerjasama Januari ini tuntas, 2022 incenelator sudah bisa menghasilkan listrik.

“1000 ton sampah yang digunakan akan mengasilkan listrik 20 MW. Artinya 1 MW setara dengan 1000 Kilo Watt (KW). Ini bisa menerangi ratusan ribu rumah,” katanya.

Sdmentara itu, General Manager (GM) PT PLN WS2JB Daryono mengatakan, pihaknya siap membeli listrik yang dihasilkan sesuai dengan tarif listrik yang ditentukan oleh pemerintah. Sama halnya yang diterapkan kepada PT Indo Green yang menjual hasil dari incenelator itu.

“Pembelian listrik tarifnya 13,75 USD per Kilowatt Hour (kWH). Hasil listriknya itu disalurkan ke masyarakat,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button