PALEMBANGSUMSEL

40 Tahun Dimakan Usia, Plafon Ruang Guru SMPN 6 Palembang Bocor Terus

BritaBrita.com,Palembang-Lama dimakan usia, Plafon ruang guru di SMP Negeri 6 Palembang kian memprihatinkan. Selain plafonnya bocor, dalam kondisi hujan air masuk ke dalam ruangan guru.

Alhasil, sekolah yang berada di Jalan Semeru No.983, 17 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang ini, membuat para guru dan siswa pusing tujuh keliling. Parahnya lagi bocornya plafon tak hanya di satu titik tapi di beberapa sudut sehingga sangat mengganggu kenyamanan guru.

Pihak sekolah berupaya memperbaiki, namun hanya sebatas tambal sulam plafon. Namun karena struktur bangunannya yang rusak membuat plafon kembali rusak.

“Jika hujan deras pada pagi atau siang hari mengalami kebocoran sehingga menganggu aktivitas kegiatan guru. Dari buku hingga meja guru basah,”ujar Kepala SMP Negeri 6 Palembang Yusup Alaydrus, MPd, Selasa (18/2/2020).

Lihat Juga  Perampok Toko Emas ini Takut Ditembak Mati Lalu Serahkan Diri

Ia menambahkan, bahwa pihaknya
Khawatir dengan kondisi bangunan ruangan guru sewaktu-waktu atapnya ambruk saat para guru melakukan kegiatan

”Bangunan tersebut pernah direhab ringan pada tahun 1996 sampai saat ini belum ada rehap lagi, bila dilihat kondisi plafonnya bergelombang dan ada yang retak,” terangnya.

Meski pernah diperbaiki berulangkali kata Yusup,tetap saja bocor dan tukang untuk memperbaiki atap tersebut tidak sanggup untuk naik keatas pasalnya kerangka atapnya sudah lapuk semua dan tidak mau mengambil resiko jatuh.

“Banyak genteng yang mulai bergeser, maka saat turun hujan ruang guru kerap bocor. Tak jarang ketika hujan turun dan bersamaan saat guru sedang mengkoreksi nilai peserta anak didik air hujan dari atap menetes membasahi buku,” ucapnya.

Lihat Juga  Mulai April, Akad Nikah Hanya di KUA atau Balai Nikah. Jumlah Dibatasi Demi Cegah Covid-19

Yusup khawatir, bila dibiarkan terus tanpa ada perbaikan segera, bagian atapnya akan ambruk. Dan dia berharap Dinas Pendidikan Kota Palembang untuk dapat memberikan bantuan rehap terhadap ruang guru ini sehingga guru akan melaksanakan tugasnya dengan nyaman.

Meski kerusakan ruang guru ini sudah berkali – kali diperbaiki dengan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS) akan tetapi masih saja bocor. Yusup mengaku sejauh ini Dinas Pendidikan Kota Palembang sudah merencanakan untuk melakukan rehap ruang guru tersebut.

“Pengajuan ke Dinas Pendidikan Kota Palembang sudah, beberapa waktu lalu kami ajukan. Tempo hari oleh Dinas Pendidikan direncanakan, tapi belum terealisasi, sementara guru sangat kesulitan apalagi kalau hujan,” pungkasnya.

Reporter : Sugi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close