PALEMBANGSUMSEL

Bantuan Korban Kebakaran Kertapati Mulai Mengalir

BritaBrita.com,Palembang-Bantuan korban kebakaran ratusan rumah di Kertapati Palembang terus mengalir. Selain dari Gubernur Sumsel, H Herman Deru (HD) bantuan juga datang dari Pemkot Palembang melalui Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda. Ada juga dari pihak kepolisian dan lembaga sosial lainnya.

Kebakaran hebat yang melanda Gang Santai, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati itu sedikitnya meluluhlantakan ratusan rumah. Dalam kesempatan itu, Gubernur HD memberikan atau menyerahkan bantuan berupa barang dan juga semangat atau motivasi kepada para korban kebakaran tersebut yaitu sebanyak 136 kk dan 537 jiwa atau sebanyak 113 rumah yang terbakar.

Deru mengatakan, dirinya prihatin dan ikut berduka atas musibah yang menimpa warga. Tak ada yang menginginkan peristiwa ini terjadi, walaupun demikian ujian yang diberikan ini pasti ada hikmahnya.

“Kita masih bisa bersyukur bahwa meski peristiwa kebakaran ini besar namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Saya yakin bantuan ini tidak cukup memang dan tidak bisa menyembuhkan luka hati, tetapi kita semua tetap harus tabah, bersyukur, dan semangat tak boleh hangus dalam menghadapi ini,” katanya.

Lihat Juga  PESE UIN Galang Dana di Jalanan untuk Korban Kebakaran

Deru menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tidak akan tinggal diam mengawal hal ini. Dirinya akan berupaya agar semua korban bisa mendapatkan bantuan.

“Dinsos sudah mengajukan tambahan bantuan dari pusat, sebab peristiwa ini sudah masuk bencana nasional. Ada lebih dari 100 rumah dan KK yang terdampak. Jika ada kebutuhan lain misal ada manula yang butuh kursi roda silakan diajukan ke Dinsos,” ungkap HD.

Sementara itu, Kepala Dinas Provinsi Sumatera Selatan, Rosyiddin Hasan mengungkapkan, bantuan yang diberikan Pemprov Sumsel adalah bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya dan bantuan ini bertujuan untuk meringankan beban para korban kebakaran.

“Dari Pemerintah sudah kita ajukan bantuan untuk perbaikan rumah sebesar Rp 15 juta bagi yang tidak memiliki usaha Produktif dan Rp 20 juta yang punya usaha produktif. Korban bisa melampirkan surat rekomendasi dari kelurahan,” katanya.
Kepolisian bersama Tim Tanggap DaruratĀ  Dinas SosialĀ buka Dapur umum beserta makanan untuk korban kebakaran

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda dan tim jajaran Polsek Kertapati Palembang didampingi Tim Tanggap Darurat Dinas Sosial membuka dapur umum beserta makanan untuk korban kecelakaan.

Lihat Juga  Polresta Palembang Tembak Residivis Curanmor

“Tujuan kami membuka dapur umum beserta makanan untuk korban kebakaran ini dikarenakan hingga kini para korban kebakaran belum menerima bantuan baik makanan maupun pakaian,” kata Kapolsek Kertapati AKP Paolin didampingi Kabid Dinas Sosial Kota Palembang, Ahmad Ashari Romli saat diwawancarai di lapangan, Kamis (11/7/2019).

Ia mengatakan selain membuka dapur umum beserta makanan, pihaknya juga sudah siap menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah korban kebakaran.

Sementara itu, warga korban kebakaran Atik (40) mengatakan saat ini kami masih mencari barang yang masih bisa diselamatkan.

“Para korban mengharapkan uluran tangan dari dermawan yang bisa membantu kami, apa lagi saat ini kami terpaksa tidur diatas rumah yang rata dengan tanah,” ujarnya.

Sedangkan di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan bahwa Pemkot tentu membantu korban kebakaran.

“Masyarakat korban kebakaran jangan gelisah karena kami ada untuk masyarakat,” jelasnya.(Maulana/Deni Wahyudi)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close