PALEMBANGSUMSEL

Cegah Virus Corona, Bandara SMB II Pasang Thermal Scanner

BritaBrita.com, Palembang-Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang mengantisipasi masuk virus Corona dengan
memasang alat thermal scanner.

General Manager (GM) Bandara SMB II Palembang, Fahroji mengatakan alat thermal scanner di Bandara SMB II Palembang digunakan untuk mencegah masuknya Virus Conora ke Provinsi Sumsel.

“Alat tersebut dipasang di pintu kedatangan Internasional Bandara SMB II Palembang,” katanya,Rabu (22/1/2020)

Pemasangan alat Thermal Scanner tersebut sudah dikoordinasikan pihaknya dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Jadi, nanti petugas bandara akan melakukan pemeriksaan kepada para penumpang dengan sistem tracking atau diperiksa tidak satu per satu penumpang,” ujar Fahroji.

Fahroji menjelaskan, dengan dipasangnya alat tersebut, maka para penumpang yang datang dari luar negeri akan terdeteksi suhu tubuhnya. Apabila suhu tubuh penumpang dideteksi melebihi manusia normal maka akan langsung diketahui.

Lihat Juga  RSMH Palembang Tegaskan Nihil Pasien Terpapar Virus Corona

“Jadi Thermal Scanner ini nantinya menembak secara computerized dan langsung ditracking. Jadi muncul di komputer terkait suhu tubuh para penumpang,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya belum menemukan adanya penumpang dari luar negeri yang terdeteksi Virus Corona di bandara SMB II Palembang.

“Jika maka akan kami kirim ke rumah sakit Muhammad Hoesin Palembang sebagai rumah sakit rujukan untuk penyakit menular,” ungkap Fahroji.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, Amelia mengatakan hingga saat ini Virus Corona belum ditemukan pada penumpang. Meskipun demikian, pihaknya tetap melakuan standar prosedur yang berlaku.

“Tidak hanya di bandara, deteksi dini Virus Corona juga dilakukan di sejumlah pelabuhan kargo seperti di Pelabuhan Boom Baru, Kota Palembang dan pelabuhan Sungai Lumpur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dimana pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan thermometer infrared yang ditujukan kepada awak kapal satu per satu,” katanya.

Lihat Juga  Hormati Wartawan, Pemkot Pagaralam Gelar Upacara HPN

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close