PALEMBANGSUMSEL

Hanya Foto-Foto, Milenial Kurang Berminat Belajar Sejarah ke Museum

BritaBrita.com,Palembang-Minat kaum milenial untuk mengunjungi museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang dirasakan kurang. Pihak pengelolapun mencari cara agar kunjungan semakin meningkat.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Siti Emma Sumiatul mengatakan, minat masyarakat terutama kaum muda untuk mencintai budaya dirasa kurang. Misalkan saja untuk mengunjungi museum dan mempelajari sejarah Palembang dan Kesultanan Palembang.

“Museum ini kurang diminati, kaum milenial datang hanya untuk foto-foto saja, padahal di dalamnya ada banyak pengetahuan yang bisa digali,” katanya saat acara “Membranding Museum agar Diminati Kaum Milenial”, Selasa (13/8/2019).

Minimnya peminat ini juga dilihat dari jumlah kunjungan. Meskipun melebihi target kunjungan 1000 perbulan, tetapi diharapkan feedbacknya sebagai tempat belajar sejarah dan melestarikan budaya Palembang.

Lihat Juga  Anak Juara Rumah Zakat Peringati Hari Kemerdekaan ke-74 RI 

Dari data yang ada, kunjungan dari berbagai daerah dan juga manca negara saat ini sudah 11.716 pengunjung dari awal tahun. Sedangkan tahun lalu total 13.000 kunjungan. Padahal tarif masuk Museum SMB 2 cukup murah, untuk Manca Negara Rp20.000, umum Rp5000, pelajar Rp1000 dan mahasiswa Rp2000.

“Kita bukan semata-mata untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) agar target Rp80 juta pertahun dari pendapatan karcis tercapai,” ujarnya.

Selain Museum SMB 2, di Palembang ada beberapa museum lagi. Untuk itu, pihaknya saat ini sudah melakukan innovasi agar pengunjung mudah mendapatkan informasi.

Dinas Kebudayaan sudah menyediakan aplikasi yang bisa didownload di playstore handphone Android yakni Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2.

Lihat Juga  Warga Lorong Mari Ubah Barang Bekas Percantik Pemukiman

“Nantinya di setiap benda yang ada di museum ada barcode yang bisa discan dari aplikasi yang ada di handphone pengunjung, nantinya akan terlihat dan terdengar penjelasan dari benda-benda tersebut,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close