PALEMBANGSUMSEL

Herman Deru Janji Tahun 2020 Seluruh Desa Terang Benderang

BritaBrita.com, Banyuasin– Penantian selama 36 tahun warga desa Sri Agung, Kecamatan Karang Agung Ilir, Kabupaten Banyuasin untuk menikmati aliran listrik akhirnya tercapai setelah diresmikannya program sambungan listrik masuk desa, Rabu (4/12/2019).

Sambungan listrik desa yang berada dikawasan perairan terpencil di muara Sungai Musi ini diresmikan secara simbolis oleh Gubernur Sumatera Selartan, Herman Deru, bersamaan dengan 15 desa lain yang tersebar di Sumatera Selatan.

Herman Deru dalam keterangannya kepada wartawan usai peresmian mengatakan, jumlah desa yang belum teraliri listrik di Sumsel kini terus berkurang. Sementra sejumlah desa lainnya diharapkan dapat segera dialiri listrik secara bertahap dengan menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi. “Sumatera Selatan sebelumnya ada 63 desa yang belum teraliri listrik, dengan diresmikannya 16 desa pada hari ini maka tinggal 47 desa lagi yang belum teraliri dan itupun karena terkendala jaringan yang harus melintas di hutan lindung,” ujar Deru.

Lihat Juga  Ada Perbaikan Pipa, Distribusi Air Bersih Terganggu

Diakui Deru, pembangunan jaringan listrik untuk kawasan hutan lindung bukan hal yang mudah karena bersinggungan dengan perizinan dari Kementerian Kehutanan. Terkait hal itu, Pemprov akan berupaya untuk mengajukan izin khusu kepada kementerian terkait.

“Bagaimana kita mau bersaing dengan negara luar atau daerah lain bila kecukupan listrik kita belum memadai, maka program listrik masuk desa ini tidak boleh hanya slogan. Tahun 2020 Sumsel kami tergetkan bebas dari desa tidak berlistrik,” tegas Deru.

Untuk Kabupaten Banyuasin kini hanya tersisa lima desa dan dua dusun yang belum tersaliri listrik. Menurut Deru, semua desa dan dusun tersebut akan dapat menikmati aliran listrik pada tahun depan dengan menggunakan energi listrik ramah lingkungan. “Kami targetkan tahun 2020 semuanya sudah teraliri listrik dengan menggunakan PLTS dari program CSR,” pungkasnya.

Lihat Juga  Setelah Dikritik, Kekurangan Dana Bagi Hasil Baru Akan Dilunasi Pusat

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close