PALEMBANGSUMSEL

Lima Ponpes Jadi Percontohan, Sumsel lngin Miliki Bank Wakaf Mikro

BritaBrita.com, Palembang-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan memiliki Bank Wakaf Mikro (BWM) pada tahun ini.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru (HD) mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan agar proses pendirian BWM di provinsi Sumsel dapat segera dilakukan atau diwujudkan.

“Saya minta untuk pendirian BWM di Provinsi Sumsel ini dapat dipercepat, bahkan pada awal Februari nanti sudah dilakukan launching untuk BWM di Provinsi Sumsel ini,” katanya saat diwawancarai seusai memimpin Rapat rencana pendirian BWM melalui Pondok Pesantren di kantor gubernur sumsel, Rabu (22/01/2020).

Pendirian BWM di Provinsi Sumsel ini dapat menjadi percontohan untuk pengembangan BWM di tempat lainnya.

“Untuk tahap awal, ini dulu, BWM ini dapat diterapkan ke lima pondok pesantren (Ponpes) yang ada di Provinsi Sumsel untuk menjadi model percontohan,” ujar HD.

Lihat Juga  Polisi Tangkap Jambret HP di Palembang

HD menjelaskan, pihaknya ingin mewujudkan BWM tersebut dikarenakan sebagai wujud konkrit dan bentuk perhatian pihaknya kepada masyarakat pelaku usaha kecil berbagai segmen yang ada di Lapangan.

“Jadi tujuan pendirian BWM ini bukan hanya untuk mengekslarasi pertumbuhan UMKM tetapi juga sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekaligus sebagai Iadang ibadah. Maka dari itu syaratnya nanti jangan terlalu berat,” jelasnya

Lebih lanjut diungkapkannya, untuk tenaga karyawan atau petugas BWM nantinya harus benar-benar profesional sehingga dapat berjalan dengan baik.

“Saya menyarankan agar tenaga pengelola BWM merupakan SDM yang profesional dan bila perlu ditraining secara khusus terlebih dahulu. Jangan orangnya mudah tega-tegaan nanti kredit macetnya bisa tinggi,”katanya.

Lihat Juga  Gubernur Sumsel Ingin Olahraga Menembak Lebih Merakyat, Tak Lagi untuk Golongan Elite

Sementara itu, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (DJK) Regional 7 Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Panca Hedi Suyatno mengatakan bahwa pendirian BWM di Sumsel pelaksanaannya didukung dan diinisiasi oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru.

“BWM ini bertujuan memberdayakan masyarakat di sekitar lingkungan Pesantren, memaksimalkan peran pesantren dalam program pemberdayaan masyarakat miskin produktif serta membangun kelembagaan sosial ekonomi dari pesantren bagi lingkungan sekitar pesantren,” katanya.

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close