PALEMBANGSUMSEL

Musim Kemarau, Distribusi Air Bersih ke Pelanggan Berkurang

BritaBrita.com,Palembang-Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya angkat bicara terkait dampak musim kemarau terhadap distribusi air bersih ke pelanggan. Dimanalevel air baku yang berkurang selama 2 – 4 jam.

“Terutama pada level air Sungai Musi yang menjadi bahan baku PDAM menjadi turun drastis sehingga air yang diproduksi menjadi tidak optimal,” katanya, Selasa (7/8/2019).

Meski mengakui jika pendistribusian air kepada pelanggan berkurang namun pihaknya tidak bisa menjabarkan secara detail menjadi berapa. Hanya saja setiap harinya kapasitas pengaliran air 4.000 liter perdetik.

Dirut PDAM Tirta Musi Palembang, Andy Wijaya (tengah)

“Distribusi air baku kita itu bersumber dari berbagai IPA dan Booster. Secara umum ada pengurangan debit distribusi pada saat produksi air tidak optimal karena adanya penurunan level air sungai,” jelasnya.

Lihat Juga  Sharing Ilmu, Ombudsman Sumsel Adakan Pertemuan Berkala Dulurs Ombudsman

Andy mengatakan, untuk mengantisipasi hal tersebut PDAM Tirta Musi sudah menyiapkan pompa cadangan air baku untuk mengambil air baku secara langsung ke sungai apabila level sungai sedang mengalami penurunan yang paling ekstrim sehingga air tidak secara optimal masuk ke kanal intake.

“Dengan berkurangnya debit distribusi ke pelanggan akibat kemarau ini mengakibatkan aliran air bersih ke daerah-daerah ujung pengaliran terganggu,” katanya.

Dalam menghadapi musim kemarau ini pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk menghemat air. “Jika ada masalah bisa menghubungi call center di nomor 0711 355222,” terangnya.

Reporter : Pitria

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close