PALEMBANGSUMSEL

Penerima Beasiswa Bidik Misi Manipulasi Data, Polsri Langsung Coret

BritaBrita.com,Palembang-Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) gak ragu mencoret jika ditemui penerima beasiswa Bidik Misi memanipulasi datanya. Pasalnya, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Polsri tahun ini banyak menemui calon penerima beasiswa bidik misi berbohong yakni memanipulasi data setelah dilakukan penelusuran oleh tim visitasi.

Manipulasi data kebanyakan ditengarai demi alasan untuk lolos dan meraih beasiswa bidik misi. Namun, saat diteliti banyak data-data yang diajukan tak sesuai dengan fakta.

“Beasiswa bidik misi jalur PMDK dan UMPN sudah terserap sekitar 435 kursi. 10 persen kita temui banyak kejanggalan di lapangan. Sedangkan sisanya 60 kursi untuk jalur UMM yang tes hari ini,”ujar Kepala Bidang Humas Polsri Edi Aswan disela-sela memantau UMM, Sabtu (20/7/2019).

Lihat Juga  Ini Skema Terbaru Penerimaan SNMPTN 2020

Ditambahkan Edi, bahwa diketahui tim visitasi telah mensurvei rumah calon penerima beasiswa di suatu daerah. Ternyata rumah yang diajukan adalah rumah milik kakek dan neneknya. Sedangkan rumah asli orang tuanya sangat tak layak menerima beasiswa bidik misi.

“Banyak itu kita temui, akhirnya terpaksa kita coret. Karena kita ingin beasiswa yang benar-benar tepat sasaran,”tegas dia.

Fenomena itu ditemui tim visitasi oleh mahasiswa yang sudah diterima melalui jalur Penelusuran Minat Dan Kememapuan (PMDK) dan jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN).

“Kita tidak tahu untuk mahasiswa jalur UMM ini apakah sama banyak ditemui manipulasi data atau tidak. Karena dari 2283 mahasiswa jalur UMM yang mengikuti tes hari ini dan akan diumumkan pada 23 Juli 2019 nanti akan bersaing memperebutkan 50-60 an sisa kursi bidik misi,”jelasnya.

Lihat Juga  Gubernur Promosikan Kekayaan Sumsel ke Kroasia

Edi berharap agar mahasiswa jalur UMM ini benar-benar memberikan data sesuai fakta. Baik itu kondisi rumah asli, tagihan rekening listrik, tagihan PDAM, penghasilan orang tua dan lainnya.

“Jadi prosedurnya, sebelum mengikuti tes peserta harus melengkapi data melalui login http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Setelah lulus tes jalur UMM baru akan di proses dan dilakukan survei tim visitasi dimanapun peserta,”urainya.

Bagi calon penerima beasiswa bidik misi di luar Sumsel, maka Polsri akan bekerja sama dengan Politeknik setempat untuk melakukan survei visitasi.

Reporter : Sugi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close