PALEMBANGSUMSEL

Penerimaan Siswa Baru, MTS Negeri 1 Palembang Gelar Tes Potensi Akademik

BritaBrita.com,PALEMBANG-Sebanyak 564 siswa mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) sebagai persyaratan masuk
Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri 1 Palembang, Senin (11/3/2019).

Siswa yang mengikuti tes ini mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur reguler 2019.

Kepala MTS Negeri 1 Palembang Tugino mengatakan jumlah soal TPA sebanyak 100 soal. TPA terdiri dari soal IPA, Matematika  Bahasa Indonesia dan Agama. TPA berlangsung pada pukul 08.00-09.30 WIB.

“Tes TPA dilakukan untuk mendapatkan siswa yang cerdas dari sisi intelektual, dan agama,” ujar Tugiono saat ditemui di sela-sela pelaksanaan TPA.

Pengumuman hasil TPA akan diumumkan pada, Rabu (13/3/2019), dilanjutkan dengan Tes Baca Tulis Alquran (BTA) selama dua hari, Kamis-Jumat, 14 dan 15 Maret 2019. Untuk pengumuman final, Senin 18 Maret 2019. Setelah dinyatakan lulus, siswa harus melakukan daftar ulang mulai, Selasa, Rabu, Kamis, 19-21 Maret 2019.

Lihat Juga  Warga Resah, Pipa Minyak Mentah Bocor Cemari Lebung

“Animo orangtua menyekolahkan anaknya di MTS 1 Palembang sangat tinggi. Namun kita keterbatasan lokal, sehingga tidak bisa direkrut semua. Bagi yang tidak lulus, harapan kami anak-anak mendaftar ke madrasah swasta. Karena banyak madrasah swasta yang juga unggulan,” katanya.

Tugino menuturkan, untuk penerimaan siswa baru tahun ini sebanyak 12 kelas. Rinciannya adalah 7 kelas untuk siswa yang sekolah di depan Taman Makam Pahlawan dan 5 kelas untuk siswa yang sekolah di lokasi Jakabaring.

Dia menjelaskan, satu kelas berisi 36 siswa. Untuk siswa Penelusuran Minat dan Prestasi Akademik (PMPA) di Pahlawan berjumlah 41 orang. Untuk Jakabaring peserta jalur PMPA hanya 7 orang.

“Orangtua siswa antusias menyekolahkan anaknya di sini, karena MTS Negeri 1 adalah Madrasah Unggulan. Kelebihan kita adalah juara olimpiade tingkat nasional. Selain itu, kita unggul di bidang agama yakni Tahfiz Quran, lomba baca Alquran, dan kegiatan keagamaan ekstrakulikuler lainnya,” tandasnya.

Lihat Juga  35 Siswa SONS Palembang Diduga Keracunan Makanan Catering

“Harapan kita, anak-anak yang sekolah di sini dibentengi akhaq di bidang agama. Karena di sini, mereka bisa baca tulis Alquran, hadis dan ahlaq. Diharapkan generasi yang akan datang, anak-anak kita berahlaq mulia,” ucapnya. (Zahid Blandino)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *