PALEMBANGSUMSEL

PTBA Santuni Ribuan Anak Yatim & Kaum Dhuafa, Hingga Gelar Mudik Bareng Gratis

BritaBrita.com, MUARAENIM– PT Bukit Asam (PTBA) Persero Tbk menjadikan momentum Ramadhan 1440 Hijriah untuk meningkatkan kinerja dan semangat spiritualitas dengan berbagai inisiatif kreatif. Puncaknya menggelar buka puasa bersama di Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE), sekaligus memberikan santunan bagi ribuan anak yatim dan kaum dhuafa ring satu perusahaan di Masjid Jamik Bukit Asam, Tanjungenim, Senin (13/5/2019) malam.

Dalam kegiatan tersebut, PTBA menyerahkan secara simbolis sembako sebanyak 3.352 paket gratis senilai Rp519.173.200. Selanjutnya, penyerahan bantuan uang tuna senilai Rp5.000.000 kepada 5 panti asuhan dan 5 komunitas sosial kemanusiaan, dan 1 panti asuhan dari Lazis PTBA Dermaga Kertapati, sehingga total penerima bantuan menjadi 11. Adapun panti asuhan dan komunitas yang menerima bantuan antara lain, Teach.id, ID.Indonesia, Komunitas Pecinta Sedekah, Komunitas Ketimbang Ngemis, Rumah Belajar Ceria, Panti Asuhan Assafaat, Panti Asuhan Iklas Berbagi, Panti Asuhan Peduli Anak Yatim, Panti Asuhan Al-Yamin, Panti Asuhan Ar Rozak, dan Panti Asuhan Al Husnari (bantuan dari Lazis). Pemberian santunan dan bantuan diberikan dilakukan secara simbolis oleh jajaran Direksi PT Bukit Asam beserta pejabat Muspida dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Muaraenim dan Lahat kepada perwakilan anak yatim piatu, panti asuhan dan komunitas.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, Direktur Niaga PTBA Adib Ubaidillah, Direktur Operasi Produksi Suryo Eko Hadianto, General Manager Unit Pengolahan Tanjungenim Suhedi, Camat Lawang Kidul Rahmat Noviar, dan manajemen lainnya. Adapun penceramahnya dari Kota Palembang yakni Ustadz Drs H Solihin Hasibuan.

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin mengatakan, di bulan Ramadhan, sudah menjadi kewajiban orang yang beriman terutama umat Islam untuk menjalankan ibadah berpuasa.
Tak hanya aktifitas ibadah, PTBA juga menggelar beberapa kegiatan keagamaan, dan juga berupa aksi nyata pemberian bantuan dan santunan dalam upaya ikut mensejahterakan masyarakat terutama bagi anak yatim piatu dan masyarakat kurang mampu di areal ring satu PTBA sendiri.

“Jadi bentuk kepedulian PTBA kepada masyarakat banyak sekali salah satunya santunan ini berupa sembako dan bentuk lainnya yang rutin setiap bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri,” ujar Arviyan.

Menurut Arviyan, seiring dengan meningkatnya produksi batubara oleh perusahaan dan kondisi keuangan perusahaan yang makin membaik, kepedulian PTBA terhadap kondisi perekonomian masyarakat juga menjadi perhatian PTBA dalam bentuk momentum berbagi dengan masyarakat sekitar dengan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Arviyan menambahkan, tahun ini PTBA juga meluncurkan program mudik bareng bagi karyawan dan masyarakat sekitar guna keperluan mudik menjelang lebaran nanti. Untuk itu, dirinya mengajak warga sekitar perusahaan dan karyawan yang ingin mudik bareng dapat memanfaatkan fasilitas mudik gratis tersebut.

“Program mudik bareng ini melayani khusus tujuan mudik Kota Yogyakarta, Kota Solo dan Kota Padang, di mana perusahaan akan menyediakan beberapa buah bus dan layanan ini dibuka bagi masyarakat umum dan karyawan. Ini menunjukkan berkah Ramadhan, perusahaan juga peduli dengan keadaan sekitar,” terang dia.

Lihat Juga  Gubernur Deru : Berita Hoax- Fakta Beda Tipis

Sementara, Penceramah Ustad Drs H Solihin Hasibuan dari Palembang memuji langkah yang diambil perusahaan sekelas PTBA. Dan hal tersebut memang sudah sewajarnya, perusahaan sekelas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memperhatikan kondisi masyarakat sekitar melalui program CSR. Selain itu, Ustad Solihin Hasibuan mengatakan bahwa bulan ramadhan merupakan bulan berkah dan juga menjadi bulan untuk mengajari muslim supaya rajin beribadah kepada Allah SWT.

“Jadikan momentum Ramadhan sebagai waktu untuk kembali berlatih kejujuran dan keikhlasan, serta meningkatkan disiplin pribadi untuk menghasilkan perbuatan terbaik,” pesan Hasibuan.

Usai Shalat Maghrib dan berbuka puasa bersama, kegiatan dilanjutkan dengan dengan melaksanakan Shalat Isya dan Tarawih berjamaah. Pada Ramadhan tahun ini, PT Bukit Asam menggelar berbagai kegiatan keagamaan yang dirangkai dengan bantuan-bantuan untuk mensejahterakan masyarakat ring 1 di berbagai unit bisnisnya, seperti bantuan kepada panti-panti asuhan dan pondok-pondok pesantren serta masjid dan mushala. Selain itu, ada lomba islami, pesantren ibu-ibu, kajian Islam, pelatihan imam dan khotimah, gema Ramadhan, dan lomba dai cilik.

Laba Perusahaan Meningkat Rp1 Triliun

Sebelumnya, PT Bukit Asam (PTBA) menggelar acara puncak Peringatan HUT ke-38 Tahun di Unit Dermaga Kertapati, 17 Maret 2019. Berbagai kegiatan juga dilakukan, salah satunya Pengobatan Gratis dan Pengobatan Massal khusus warga ring I di Unit Dermaga Kertapati (Unit Derti) Rabu (20/3/2019). Hadir dalam bakti sosial tersebut, Wawako Palembang Fitrianti Agustinda, Ketua DPRD Kota Palembang Darmawan, GM Unit Derti Gedri, Ketua Periska BA Unit Derti Ibu Mila Siska Gedri. Lalu Kadis PP PA PM Kota Palembang,Camat Kertapati Dwi Yudiansyah, Danramil, Lurah Kertapati, Unsur Muspida kecamatan, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Jumlah anak yang di khitan pada kegiatan baksos PTBA Unit Dertitersebut sebanyak 200 anak. Merupakan warga Dipo Kelurahan Kertapati, Kelurahan 36 Ilir dan Kelurahan Karang Anyar. Sedangkan untuk pengobatan gratis diikuti oleh 300 warga. Ribuan pengunjung yang hadir dihibur lantunan lagu-lagu Islami oleh Hadroh binaan PTBA unit Dermaga Kertapati.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan buka puasa bersama dengan Unit Dermaga Kertapati. Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran, pembagian sembako dan bantuan panti asuhan secara simbolis oleh Direksi dan GM Unit Dermaga Kertapati (Derti). Ada juga ceramah agama yang disampaikan Ustaz Drs H Fadholi, dilanjutkan dengan buka bersama, Shalat Magrib, Isya dan Tarawih bersama. Ada juga hiburan akustik dari Black Brown Band, yang dipandu Master Ceremony (MC) kocak Cek Daus dan Cek Mila.

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin dalam sambutannya mengatakan, sejak 38 tahun yang lalu, PT Bukit Asam mulai hadir untuk terus mendukung kemajuan Indonesia melalui pertambangan batubara. Meski berusia 38 tahun, namun perjalanan Bukit Asam dalam dunia pertambangan batubara telah berlangsung sejak masa kolonial Belanda.

Lihat Juga  Pemkot Palembang Tagih Dana Bagi Hasil Rp34 Miliar ke Pemprov Sumsel

Seiring berjalannya waktu, Bukit Asam terus tumbuh dan berkembang hingga kini. Berbagai inovasi dan segala upaya yang diterapkan dan dilakukan membawa pertumbuhan kinerja Bukit Asam yang luar biasa. Untuk pertama kalinya, kinerja Bukit Asam pada 2018 memberikan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Jika pada tahun 2017 kita bisa mencapai laba Rp4 triliun, maka melalui kinerja 2018 kita bisa berhasil menembus laba sebesar Rp5 triliun atau ada kenaikan sebesar Rp1 triliun,” kata Arviyan Arifin.

Tentunya pencapaian yang luar biasa ini tak lepas dari semangat dan kerja sama yang baik antarkaryawan, manajemen, Direksi dan Komisaris Bukit Asam. Serta tentunya tak lepas dari dukungan para stakeholder, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Kabupaten Muaraenim, serta para mitra kerja.

“Perlu kami sampaikan pula, bahwa pada awal Maret kemarin, tepatnya pada 3 Maret 2019, Bukit Asam telah melakukan pencanangan pabrik hilirisasi batubara di Bukit Asam Coal Based Special Economic Zone, Tanjungenim. Nantinya di kawasan ini akan dibangun 4 komplek pabrik untuk hilirisasi batubara, di mana batubara nantinya akan diubah menjadi syngas, urea dan polypropelene. Hilirisasi ini juga merupakan kerja sama dengan Pertamina, Pupuk Indonesia dan Chandra Asri Petrochemical,” beber Arviyan.

Arviyan menambahkan, berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangkaian HUT Bukit Asam di Unit Dermaga Kertapati Palembang ini. Mulai dari pemberian bantuan untuk masyarakat, berbagai pertandingan olahraga, hingga perlombaan-perlombaan usai Upacara Peringatan HUT pada 2 Maret 2019 lalu.

“Dan pada hari ini yang merupakan perayaan Puncak HUT Bukit Asam, kami mengajak Bapak Ibu sekalian untuk melakukan Funwalk di area Jakabaring Sport Center ini sejauh 3,8km. Insya Allah dengan Funwalk ini kita bisa sama-sama semakin sehat, pikiran fresh, dan semakin bersemangat untuk meningkatkan kinerja di tahun 2019. Seperti pada tema HUT Bukti Asam kali ini, New Spirit Toward Beyond Coal, semoga kita terus semakin bersemangat memasuki era hilirisasi batubara,” pungkas dia.

Sementara pada kegiatan Pengobatan Gratis dan Pengobatan Massal, GM Unit Derti Gedri mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk perhatian dan tanggung jawab PTBA kepada warga sekitar perusahaan.

“Selama ini telah terjalin kerja sama yang baik antara perusahaan dengan warga ring I perusahaan. Sehingga sudah sepantasnya kita juga memberikan bantuan untuk warga ring I perusahaan. Semoga kedepannya hubungan baik antara unit derti dan warga sekitar ini terus terjalin lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang,” harapnya.
(ADV)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close