PALEMBANGSUMSEL

Rencanakan Aksi Seminggu Sebelumnya, Tahanan Kabur Polresta Palembang Sudah ‘Dicuci Otak’

BritaBrita.com,Palembang – Ada yang menarik sebelumnya kejadian kaburnya tahanan Polresta Palembang. Dijelaskan Kapolresta Palembang, Kombes Pol Didi Hayamansyah bahwa para tahanan sebelumnya telah ‘dicuci otaknya’ oleh dua tahanan,salah satunya Iwan alias Oge.

Bahkan aksi menggergaji sel tahanan atau menjebol ventilasi kamar mandi sudah seminggu sebelumnya direncanakan.

“Namun karena kecurigaan petugas yang jaga pada saat itu sehingga dari total 89 tahanan Polresta Palembang hanya 30 orang yang berhasil kabur,” ujar Kapolresta, Senin (6/5/2019).

Kapolresta menambahkan para tahanan kabur dengan cara menjebol teralis di depan sel mereka masing-masing dengan menggunakan balok di tiang kamar mandi dan juga menggunakan gergaji.

Dan saat ini pihaknya sedang melakukan pedalaman kasus tersebut seperti dari mana gergaji tersebut didapatkan, tetapi ada dugaan bahwa gergaji tersebut berasal dari istri tahanan.

Lihat Juga  Warga Diminta Hemat Air, Ada Galian Pipa PDAM

“Untuk saat ini kami sedang melakukan pedalaman dan informasi awal itu benar tapi masih kita dalami sejauh mana keterlibatan seorang istri tahanan tersebut dan apabila benar maka kami akan kenakan pasal baik 406, 170 atau 223. Jika terbukti salah maka ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” jelasnya.

Untuk sementara ini baru delapan orang tahanan kabur berhasil ditangkap dan menyerahkan diri. Pihaknya berharap kedepannya akan dibuat tim sesuai yang diperintahkan Polda Sumsel.

“Kami juga akan mengoptimalkan lagi penjagaan, karena dari penjagaan tidak mungkin tahanan bisa kabur,” ujar Kapolresta.

Reporter : Deni

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close