PALEMBANGSUMSELSYARIAH

Sebelum Belajar Dimulai, Siswa TK Dharma Wanita I Sholat Dhuha Dahulu

BritaBrita.com, PALEMBANG-Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita 1 Kota Palembang diajak melakukan sholat dhuha sebelum pembelajaran dimulai. Setiap pagi, para siswa terlihat antusias melaksanakannya.

“Alhamdulillah anak-anak sudah terbiasa melakukan sholat sunnah dua rakaat pembawa rejeki ini. Selain itu, manfaat lain yang didapat dari Sholat Dhuha juga menambah pengetahuan anak tentang ilmu agamanya,membiasakan anak sejak dini berinteraksi dengan Tuhan, ” kata Kepala TK Dharma Wanita 1 Kota Palembang, Murianah, Selasa (2/4/2019).

Murianah mengatakan, Sholat Dhuha merupakan program unggulan sekolahnya yang dikerjakan rutin. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membiasakan anak-anak agar dapat memahami bacaan dan gerakan sholat.

Diungkapkannya, sang imam memang sengaja melafalkan bacaan sholat dengan suara nyaring agar dapat didengar oleh anak-anak.

Lihat Juga  Wiko Diduga Korban Kekerasan di SMA Taruna Indonesia Akhirnya Tewas

“Dengan terbiasa mendengar bacaan dan mengikuti gerakan imam, maka anak-anak lambat laun akan menguasai gerakan, bacaan sholat dan juga hapal dengan ayat-ayat pendek,” ujarnya

Menurut Murianah, kegiatan sholat dhuha bersama ini mereka tidak hanya diajarkan gerakan sholatnya saja, tetapi melakukan kegiatan sholat dari berwudhu, membaca doa masuk masjid hingga bacaan-bacaan sholat dari takbiratul ihram sampai tahiyat akhir.

“Setelah sholat siswa diajarkan berzikir dan terakhir berdoa,” katanya

Ditambahannya, kegiatan ini tentu saja didampingi guru-guru apabila ada gerakan sholat yang belum sempurna, dan para guru membantu membetulkannya.

Selain Sholat Dhuha, sekolahnya juga mempunyai program lain dalam membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral, emosi sosial, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian, dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Lihat Juga  Coba Melawan saat Ditangkap, Residivis Maling Motor Bersenpi Ditembak Mati

“Perkembangan moral dan nilai-nilai agama yang baik adalah penting dalam kesuksesan belajar anak dalam pembentukan karakter anak,” jelas Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Palembang ini.

Reporter: Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close