PALEMBANGSUMSEL

Selain Jeruk, ini Buah-buahan yang Wajib Ada Saat Imlek

BritaBrita.com,Palembang-Pada setiap perayaan Imlek termasuk 2020, masyarakat Tionghoa tidak pernah melupakan buah-buahan yang syarat dengan makna, seperti Jeruk. Bahkan, dianggap sebagai pembawa keberuntungan untuk hidup di masa depan.

Hal tersebut diungkapkan Budayawan Tionghoa di Palembang, Tjik Harun, Sabtu (25/1/2020). Harun mengatakan, buah-buahan segar yang disediakan di perayaan Imlek ini dianggap sebagai salah satu simbol keberuntungan, kemakmuran bahkan kebahagiaan.

Harun mengatakan, Imlek, yang berkaitan dengan makanan seperti buah dan kue keranjang, adalah bentuk rasa syukur manusia atas penciptaan dari langit dan bumi.

“Pemilihan buah-buahan saat perayaan Imlek pun tidak diharuskan pada beberapa jenis buah. Namun selama ini, Jeruk dan Apel adalah dua buah yang menjadi pilihan umat saat merayakan Imlek,” katanya.

1. Apel

Ada istilah Bing Kwek, jika dipanjangkan adalah Bing Bing An An Kue Le Ce. Artinya untuk keselamatan, sehingga hidupnya aman dan tenteram.

2Jeruk

Buah yang memiliki warna bagus dan berisi banyak air ini menghadirkan sebuah makna yang baik-baik supaya menyertai manusia di tahun baru. “Artinya ada hal yang baik-baik untuk manusia. Tak hanya umat, melainkan seluruh masyarakat. Tentunya, wujud syukur dengan buah ini adalah tradisi,” katanya.

Lihat Juga  Ciptakan Pasta Gigi dari Limbah Rajungan dan Minyak Jelantah, Siswa SMAN 6 Palembang Viral

3. Buah Naga

Seluruh buah berwarna merah adalah unsur perayaan Imlek yang bermakna harapan agar dijauhkan dari mara bahaya. “Sejarahnya, warna merah itu dianggap sebagai penolak bala dan dijauhkan dari mara bahaya. Ada juga yang menyebut hokinya lebih besar jika ada sesuatu yang berwarna merah,” katanya.

4. Nanas

Selain rasanya manis segar, dan populer menjadi bahan masak di China. Buah nanas termasuk ke dalam daftar buah yang wajib saat perayaan Imlek, karena nanas melambangkan keberuntungan dan kekayaan.

“Apalagi dalam bahasa Hokkien, Nanas disebut sebagai ‘ong lai’ yang mirip dengan arti kata ‘keberuntungan datang ke jalanmu’,” katanya.

5. Anggur

Buah anggur menurut tradisi di China melambangkan kesuburan hingga kelimpahan rezeki. Adapun beberapa bagian buah anggur menjadi simbol dengan makna berbeda. Ada yang melambangkan keberuntungan, hingga kecantikan.

Lihat Juga  Termasuk Soal Stek Kopi, Wali Kota Pagaralam Juga Bungkam Jawab Kritikan Pedas Fraksi di DPRD

Biasanya buah anggur akan dibawa ke vihara atau klenteng, sebagai bentuk persembahan. Buah ini juga sering dijadikan hadiah untuk anggota keluarga di hari Imlek.

6. Persik

Buah Persik menurut simbol di tradisi China  melambangkan keabadian dan awet muda. Walaupun begitu ada beberapa bagian pada buah persik dapat memiliki makna yang berbeda, contohnya di bagian kelopak persik melambangkan cinta dan kebahagiaan di tahun yang akan datang. Apalagi buah ini rasanya manis lembut.

7. Delima

Buah Delima digunakan sebagai simbol kesuburan dan kelimpahan. Buah Delima untuk diwajibkan bagi pasangan yang baru menikah ulang memajang buah delima, dan sebagai simbol yang akan membawa keberuntungan dan kesuburan terhadap keluarga baru mereka.

Reporter : Kamayel Ar-Razi

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close