PALEMBANGSUMSELSYARIAH

Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat, Baznas Sumsel Pakai Jasa Akuntan Publik dari Jakarta

Audit Laporan Keuangan

BritaBrita.com,PALEMBANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggunakan jasa Kantor Akuntan Publik (KAP) dari Jakarta untuk mengaudit laporan keuangannya.

Hal tersebut mendapat apresiasi Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel Ir H Mawardi Yahya. Meskipun belum bisa hadir dalam penyerahan laporan auditor independen, Wagub pun menyambut baik datangnya akuntan resmi dari Jakarta ke Baznas Provinsi Sumsel.

Ketua Baznas Provinsi Sumsel, Najib Haitami meminta maaf kepada akuntan dari Jakarta karena Wagub Sumsel belum bisa hadir dikarenakan ada acara di Kabupaten OKI. Namun Wagub sangat mendukung dan mengingatkan Baznas  jangan sampai terkena masalah hukum terhadap pengelolaan dana zakat tersebut.

“Kami mengajak untuk seluruh lembaga baik di Sumsel maupun di Kabupaten harus mau diaudit karena ini sangat penting. Hasil dari audit dapat dijadikan sesuatu hal yg bisa digambarkan ke depannya. Alhamdulillah, Baznas Sumsel mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangannya” ujar Najib di sela penyerahan laporan auditor independen atas laporan keuangan Baznas Sumsel tahun 2018, Selasa (19/2/2019).

Lihat Juga  Driver Grab Car Ngaku Dirampok

Dengan adanya audit dari auditor independen,jelasnya, dapat memberikan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas Sumsel.

“Contohnya di UIN kami mendapatkan kepercayaan untk mengelola uang zakat sebanyak Rp180 juta. Hasil ini memiliki banyak manfaat,” jelas Najib.

Sementara itu, Kepala Kantor Akuntan Publik dari Jakarta, Abu Bakar Sidiq mengatakan bahwa pihaknya telah ditunjuk Baznas Sumsel untuk mengaudit laporan keuangan Baznas sesuai ketentuan yang ada.

“Tidak seluruh Baznas yang ada di seluruh Indonesia ini diaudit. Saya menghimbau untuk setiap Baznas yang ada di seluruh Indonesia baik tingkat kota maupun kabupaten mau diaudit. Bagi kami ini prestasi yang cukup baik karena laporan keuangan Baznas Sumsel telah diaudit. Hal ini menjdi penting karena hasil audit dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam memberikan uang zakat kepada Baznas Sumsel, ” ujarnya. (yola)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close