PALEMBANGSUMSEL

Yuk Lihat! Kampung Cempaka Ikut Festival Gapura Nasional

BritaBrita.com,Palembang – Gebyar peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun juga dirasakan Kampung Cempaka warna warni di Jalan Batu Nilam gang masjid Rt 18 Kelurahan 26 Ilir dan Kelurahan Bukit Kecil.

Kampung warna-warni ini mengikuti ajang Festival Gapura Nasional dengan mengangkat tema Hari Kemerdekaan Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju Gapura Kami Cinta Negeri.

Menurut pantauan, Gapura dihias sedemikian cantik menyerupai replika Jembatan Ampera yang dibuat secara gotong royong oleh warga RT 05 dari bambu setinggi 4 meter dan lebar 3.8 meter serta ornamen songket khas Palembang.

Gapura dibuat sangat detail terlihat dari aksesoris jembatan terdapat dua jam besar dan beberapa replika mobil mainan di atas Jembatan Ampera.

Lihat Juga  Isu Perombakan Besar-Besaran, Kadisdik Minta Kepala Sekolah Jangan Galau

Sementara itu, saat ditemui Ketua RT 18 H Amir Syarifuddin mengatakan proses pembuatan gapura dilakukan selama satu minggu dan dikerjakan secara gotong royong bersama.

“Gotong royong bersama dengan baik dari sejumlah RT yaitu RT 18, 17, 23, 24, 25. Alhamdulillah, Pengerjaan di lakukan 90% warga selama seminggu dan dikerjakan dari sore hingga malam bersama baik tua maupun muda, “katanya, Kamis (15/8/2019).

Dana pembuatan gapura berasal dari hasil sumbangan sukarela warga yang dikumpulkan sebanyak Rp. 2.545.000. Dana tersebut digunakan untuk membeli bambu salah satu penjual dan lainnya adalah bambu bekas, juga membeli sebagian hiasan lainnya.

“Kurang lebih ada 50 bambu baru, kami mengambil konsep ciri khas Ampera dan songket. Memilih bambu sebagai pembuatan gapura karena salah satu syarat perlimbaan tidak boleh menggunakan bahan permanen dan harus hasil bumi daerah,” Katanya

Lihat Juga  Harnojoyo : Perbaikan Jalan Perumahan Jadi Prioritas 2020

Amir menambahkan penilaian pertama sudah dilakukan pihak panitia dan penilaian selanjutnya dilakukan besok oleh panitia penyelenggara lomba Gapura Cinta Negeri. Selain itu di lingkungannya akan diadakan beberapa lomba.

“Pada malam 17 Agustus kita rencananya akan menggelar layer tancep nonton bareng di lapangan dan pembagian hadiah berbagai lomba 17an,” katanya.

Reporter : Tri Jumartini Ilyas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close