INTERNATIONALNASIONAL

Pernah Viral karena Foto Selfie, Gorila Ini Mati di Pelukan Pengasuhnya

BritaBrita.com,KINSASHA– Seekor gorila yang pernah viral karena foto selfie di Kongo pada 2019, mati di pelukan pengasuhnya. Hewan primata besar bernama Ndakasi itu mati di usia 14 tahun, CBS melaporkan pada Kamis (7/10/2021).

“Dengan kesedihan yang mendalam, (Taman Nasional) Virunga mengumumkan kematian gorila gunung yatim piatu tercinta, Ndakasi, yang telah berada di bawah perawatan selama lebih dari satu dekade,” ungkap Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo dalam pernyataan resminya.

Taman nasional itu mengungkapkan, Ndakasi mati bulan lalu setelah sakit berkepanjangan.Dia mengembuskan napas terakhir di lengan pengasuhnya, Andre Bauma.

“Saya mencintainya seperti anak kecil. Sifatnya yang ceria membuat saya tersenyum setiap kali berinteraksi dengannya,” kata Bauma sedih.

Lihat Juga  BKSDA Sumsel Translokasi 65 Ekor Satwa Dilindungi ke Indonesia Timur

“Dia akan dirindukan oleh kami semua di Virunga. Tetapi kami selamanya bersyukur atas kekayaan yang dibawa Ndakasi ke dalam hidup kami selama dia berada di Senkwekwe Center,” katanya.

Senkwekwe Center adalah nama fasilitas di Taman Nasional Virunga yang menjadi pusat perawatan khusus para gorila yatim piatu alias ditinggal mati orang tua mereka. “Adalah suatu kehormatan untuk mendukung dan merawat makhluk yang penuh kasih seperti (Ndakasi) itu,” ucap Bauma.

Ndakasi baru berusia dua bulan ketika hewan itu ditemukan para penjaga Taman Nasional Virunga, 14 tahun silam. Dia ditemukan menempel di tubuh induknya yang telah ditembak mati oleh milisi bersenjata beberapa jam sebelumnya.

Lihat Juga  Daftar 21 Anggota DPR RI Terpilih dari Jakarta

Para penjaga Virunga kemudian membawa Ndakasi masuk ke taman nasional itu, lalu memindahkannya ke Senkwekwe Center. Di pusat perawatan itulah Ndakasi bertemu Bauma.

Saat pertemuan pertama mereka, Bauma menggendong bayi gorila itu dengan bertelanjang dada. Hal itu ternyata membentuk ikatan batin yang tidak bisa dipatahkan di antara keduanya di kemudian hari.

Ndakasi menjadi terkenal karena foto selfie bersama pengasuhnya pada 2019. Kala itu, dia dan seekor gorila lain tampak berpose lucu di belakang sang pengasuh.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close