KOLOMPOLITIK

Debat Capres Diharapkan Dongkrak Partisipasi Pemilih

AKHIRNYA tahapan Debat Terbuka Sessi I untuk Paslon Capres segera dilaksanakan, pada hari Kamis malam tanggal 17 Januari di hotel Bidakara dengan pokok bahasan permasalahan HAM, Hukum, Korupsi & Terorisme.

Acara Debat antar Paslon Capres yang secara resmi diselenggarakan oleh KPU Pusat ini akan berlangsung 5 Sessi, diharapkan efektif untuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu 17 April mendatang serta membantu warga yg punya hak pilih menentukan atau menguatkan dukungannya terhadap Paslon Capres yang ada.

Berdasarkan hasil jajak pendapat Nasional yang dirilis untuk Beragam lembaga survey yang Populer & kredibel, ada sekitar dibawah 10 % swing Voters serta sskitar 12 % undecited Voters, dimana Acara debat terbuka diperkirakan memiliki effect elektoral kepada para masyarakat dalam meneguhkan pilihan calon Pimpinan Negara ini Lima tahun kedepan.

Tema HAM, Hukum , Korupsi & Terorisme akan menjadi menarik , walau tidak begitu kasus kasus yang menonjol plus massif berdampak luar biasa menggunakan down grade kredibilitas Pemerintahan sekarang Dimata dunia Internasiona, akan tetapi
Ada beberapa issue HAM, Korupsi & Hukum butuh strategi maupun kebijakan yang spesifik dalam penanganannya.

Dalam kasus HAM hingga saat ini, kasus kasus lama era pemerintaham2 sebelumnya masih mendominasi, sperti Kasus Peristiwa Mei 98, Trisakti 99 dan Penganiayaan Pejabat/ Aparat KPK Novel Baswedan hingga saat belum tuntas atau terbuka penyelesaiannya.

Paslon Capres O1 diperkirakan kurang memiliki kemampuan retoris dibandingkan Capres 02, akan tetapi dianjurkan Paslon O1 untuk lebih merepresentasikan progresivitas kinerjanya tatkala berkuasa, sedangkan Paslon 02 dituntut untuk mampu meyakinkan publik atas formula strategi Platform dan Policy yang berbeda juga fungsional ketika diputuskan sebagai Solusi permasalahan Bangsa.

Penangan Korupsi bagi kedua Paslon Capres , utk kedepannya diharapkan untuk bersepakat meningkatkan aspek pencegahan secara sistemik, regulasi serta prngawasannya daripada aspek penindakan bagi para aparatur Negara berikut relasinya.

Diharapkan antar Paslon Capres mampu menawarkan program kerja pemerintah terkait tema debat pertama, menyangkut kredibilitas juga pelembagaan dari struktur pemerintahan periode yang akan datang. Untuk masalah penanganan Terorisme kayaknya telah banyak mengalami kemajuan pemerintahan saat ini, selanjutnya para Capres diharapka publik untuk bisa menjaga keamanan & pertahanan nasional yang mendorong penegakan kesadaran konstitusional bagi seluruh Stakeholder Negeri ini.

Oleh : Bagindo Togar (Alumni FISIP UnSri/ Forum Demokrasi Sriwijaya (ForDeS)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close