BERITA TERKININusantaraPALEMBANGPILKADAPOLITIK

Ishak Mekki Resmikan Sekolah YPI Al-Azhar Cairo Palembang, Cabang yang ke-171 di Indonesia

BRITABRITA.Com, PALEMBANG — Akhirnya Kota Palembang memiliki Sekolah Islami berstandar Al-Azhar Cairo Mesir. Sekolah yang bermitra dengan Yayasan Pesantren Islam Darun Al-Mustofa Palembang ini menerapkan standarisasi belajar mengajar seperti sekolah yang ada di Timur Tengah, Al-Azhar Cairo Mesir.
Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Palembang adalah sekolah baru didirikan, terdiri dari TKIA 41, SDIA 45, dan SMPAI 33 Palembang. Sekolah ini merupakan cabang dari sekolah Al-Azhar Cairo Jakarta yang memegang lisesnsi kurikulum AL-AZHAR CAIRO Mesir di Indonesia.

Pembukaan Sekolah Islam Al Azhar Cairo Palembang, Senin (17/7/2017) diresmikan langsung Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki, dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo,dan Kadisdik Kota Palembang H Julinto dll.
Drs. H.Budiono M.Pdi ketua pendidikan YPI Al-Azhar Cairo Pusat, mengatakan sekolah Al-Azhar adalah milik umat, yang mengedepankan pendidikan berbasis keagamaan dan berhadap para alumni Al-Azhar ini kedepannya dapat menjadi pemimpin yang memiliki etika, estetika, dan ilmu agama yang kuat. “Insyaallah nasib Alumni Al-Azhar sangat luar biasa,” ujarnya kepada awak media.

Lihat Juga  Kepala Dinas Pendapatan Jatim Pastikan Pekan Depan Mulai Dibuka Pemutihan Pajak Kendaraan

Terkait adanya rumor bahwa sekolah Al-Azhar disebut sebagai sekolah yang mahal dan hanya berprospek pada masyarakat kalangan menengah atas, Budiono tidak menampik itu namun ia menjelaskan jika hitungan mahal logikanya begini. Misal Uang pangkal untuk masuk SD Rp 20.000.000-, : 6 tahun lalu Uang SPP Rp. 2.000.000-, : 24 hari. Sehingga dengan perhitungan tersebut pengeluaran siswa perharinya jelas. “Paling banter Rp 50.000-, / Rp. 60.000-, sehari, bayangkan itu. Menitipkan anak ditempat yang nyaman, guru yang bagus, diajari tadarus, sholat, mengaji, etika yang baik dan fasilitas yang baik, hanya Rp 60 ribu sehari menurut saya mahalnya dimana?’ ujarnya.
Hal senada juga dikemukakan kepala Sekolah YPI Al-Azhar Cairo kota Palembang Abdullah Basyaibah, mengatakan siswa yang sekolah di sini tidak seluruhnya berasal dari kalangan menengah atas, anak yang masuk dalam kalangan middle up pun bisa masuk disini.
Pasalnya ada sebagian sekolah Al-Azhar di Indonesia menerapkan sistem subsidi silang, dan Kota Palembang salah satunya yang menerapkan itu. Meski dari pusat tidak menerapkan itu. Subsidi silang ini digunakan untuk membantu meringankan biaya anak-anak yang kemampuan ekonomi orang tuanya menengah ke bawah, ya tentunya syaratnya harus pintar atau dia memiliki kemampuan skiil yang tidak banyak orang miliki. “jadi tidak seluruh kalangan menengah atas, anak marbot masjid pun ada yang sekolah di sini”. Ujar Abdullah.

Lihat Juga  Rumah Pintar Dilaunching.Ini Manfaatnya

sementara itu Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki berharap dengan hadirnya sekolah ini diharapkan dapat menambah mutu pendidikan di Sumatera Selatan menjadi lebih baik, selain juga mampu menjadikan generasinya memiliki karakter islami.
Berdirinya Sekolah YPI Al-Azhar Cairo di Palembang berarti telah menambah jumlah sekolah tersebut yang kini mencapai 171 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. (*)

Penulis: Nisria Afuani Rasyid

Editor: Bangun Lubis

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker