POLITIK

Jawabannya Bela Umat Islam, Panglima TNI Dipuji

JAKARTA, BritaBrita.com – Penampilan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat menjadi bintang tamu di acara Mata Najwa dengan tema ‘Menjaga Bhinneka’ yang disiarkan Metro TV pada Rabu (2/11) malam WIB, mendapat apresiasi netizen atau warganet.

panglima-tni-jenderal-gatot-nurmantyo-_161106205555-966Gatot saat itu hadir bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menag Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Umum PBNU Said Aqil Sirajd, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

Dalam sesi ketika pembaca acara Mata Najwa, yaitu Najwa Shihab, bertanya tentang keterlibatan TNI dalam pengamanan demonstrasi yang dilakukan umat Islam pada 4 November 2016, Gatot menjawab dengan bijak.

“Kalau tentara sudah turun tangan, berarti skalanya berbeda nih. Apakah skalanya berbeda yang unjuk rasa besok?” tanya Najwa kepada Gatot. Mantan KSAD tersebut menjawab sembari mengingatkan agar aksi umat turun ke jalan yang dilakukan umat Islam tersebut dipandang secara positif.

Lihat Juga  Herman Deru Optimistis Pemilu 2019 di Sumsel Berjalan Sukses

“Nana, (panggilan Najwa, Red) begini. Dalam konteks ini mari kita berpikiran positif. Bahwa yang akan melaksanakan demo itu adalah saudara-saudara kita sebangsa se-Tanah Air. Mereka, kata Kiai Abdul Mu’ti tadi, tidak punya tempat di Mata Najwa. Sehingga mereka di jalan raya, ke Istana (Negara). Jadi kita berpikiran positif,” kata Gatot yang jawabannya sempat membuat hadirin di studio tertawa.

Gatot melanjutkan, “Kemudian kita mengawal, TNI turun BKO (bantuan kendali operasi) kepolisian, kita mengawal agar saudara yang menyampaikan aspirasinya itu tercapai. Dengan tenang, tertib menyampaikan, sehingga mereka mematuhi aturan yang disampaikan Pak Kapolri.”

Video jawaban Gatot tersebut menyebar di lini masa. Akun Twitter, ‏@rizalcreative menulis, “Panglima TNI Terbaik @GeneralGatot Gak bisa di-framing, apalagi cuma disetir.”

Lihat Juga  Survei Median: Elektabilitas Jokowi Stagnan, Prabowo Tumbuh Lambat

Akun @BG_MarOne juga mengapresiasi Gatot yang sangat memihak umat Islam yang menggelar aksi damai. “Terima kasih Panglima TNI @GeneralGatot karena terus membela rakyat dan #AksiDamai411 di @MataNajwa @Metro_TV.”

Sementara itu, Gatot sangat mengapresiasi peran serta para ulama dalam membimbing dan menyejukkan umatnya agar tidak berbuat anarkistis dalam aksi damai pada 4 November 2016. Walaupun para pendemo diprovokasi untuk berbuat anarkistis, kata dia, namun mereka tidak terpengaruh sama sekali.

Sehingga demonstrasi yang diikuti ribuan umat Muslim di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia dapat berjalan dengan aman, tertib dan damai,” katanya saat dialog bersama beberapa ulama di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/11) malam WIB, dalam siaran pers kepada Republika.(*)

Editor: Bangun Lubis

BritaBritaTV

https://www.youtube.com/watch?v=5TLJTt6T204

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close