PALEMBANGPOLITIKSUMSEL

Persiapan Pilkada Serentak Masih Tunggu PKPU

BritaBrita.com,PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel)  belum dapat memutuskan seperti apa Pilkada Serentak tahun 2020 mendatang. Ini dikarenakan masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang saat ini sedang diuji publik.

“Jika nantinya PKPU disahkan maka KPU kabupaten/kota yang mengelar Pilkada mengacu kepada PKPU tahun 2019 tersebut. Termasuk juga daftar pemilih tetap (DPT) apakah menggunakan DPT pada pilpres dan pileg lalu atau melakukan perbaikan kembali, ” kata Ketua KPU Sumsel, Kelly Mardiana, Senin (8/7/2019).

Kelly Mardiana

Ia meminta kepada KPU kabupaten yang mengelar Pilkada serentak untuk teliti dalam penetapan DPT sehingga dikemudian hari tidak ada persoalan. “Karena DPT paling rawan terjadi persoalan,” jelas Kelly.

Lihat Juga  10 Puskesmas Layani ISPA dan Pneumonia 24 Jam

Pilkada serentak untuk 7 kabupaten tersebut yaitu OKU raya, kabupaten Ogan Ilir, Pali dan Muratara. Tahapan Pilkada serentak tersebut akan berlangsung pada September mendatang.

“Sedangkan untuk pencoblosan akan digelar pada 23 September tahun depan, tahapan dimulai akan berlangsung pada bulan depan,” ungkap Kelly.

Sementara itu, untuk menghadapi sengeketa perselisihan suara di Mahkamah Konstitusi (MK) akan berlangsung pada 12 Juli mendatang, pihaknya sudah sangat siap menghadapi tersebut karena berkasnya sudah dipersiapkan sejak lama.

“Sedangkan untuk KPU Palembang karena saat ini sedang sidang di pengadilan maka untuk sementara dinonaktifkan  dan diambil alih oleh KPU Sumsel, sampai kapan tentu menunggu petunjuk dari KPU RI,” tukasnya. (Morino)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close