NASIONALPALEMBANGSUMSEL

Prihatin Kasus Pencabulan, Kanwil Kemenag Sumsel Bakal Kumpulkan Seluruh Ponpes

BritaBrita.com,Palembang– Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel) bakal menggelar pertemuan dengan pihak Pondok Pesantren (Ponpes) se Sumsel. Pertemuan tersebut bertujuan agar kasus kekerasan dan pencabulan di Ponpes tidak terulang kembali.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel melalui Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Sumsel H. Saefudin Latif, S.Ag, M.Pd.I menanggapi maraknya pemberitaan dan fakta di lapangan terkait tindakan kekerasan di Ponpes.

“Intinya kita akan melakukan pertemuan dengan Ponpes, agar pola pembelajaran lebih humanis. Jangan sampai ada kesan di masyarakat Ponpes jadi tempat yang mengerikan, menyeramkan dan menakutkan. Karena di Ponpes itu orang tua menitipkan anaknya di situ untuk diajarkan pendidikan agama dengan sebaik-baiknya,” ujarnya di Palembang, Jumat (16/9/2021).

Lihat Juga  Ekspedisi Aksi Kemanusiaan ala PMI Muba

Saefudin menuturkan, kekerasan di Ponpes itu dilakukan oleh oknum. Pihaknya berharap hal tersebut tidak terulang lagi. Oleh karena itu, harus dievaluasi bersama. Jangan sampai ada tindakan kekerasan di Ponpes.

“Kita sangat prihatin. Kita mengutuk keras pelakunya. Alhamdulilah pelakunya sudah ditangkap polisi dan diproses. Kita minta aparat yang menangani kasus ini agar memberikan hukuman yang setimpal kepada pelaku sebagai efek jera dan sebagai ikhtiar kita bersama agar ini tidak terjadi lagi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, sambung Saefudin, kedepan Kanwil Kemenag Sumsel akan melakukan pembinaan dan pengasawan di Ponpes melalui Kemenag kabupaten dan kota serta penyuluh.

“Kanwil Kemenag Sumsel mendukung aparat penegak hukum agar pelaku pencabulan dihukum sesuai dengan perbuatannya. Nanti kita akan ke Ponpes tersebut, kita ingin melihat pengawasan terhadap guru dan santri. Kita akan mengcroscek di Ponpes tersebut,” pungkasnya.

Lihat Juga  Gubernur Sumsel: Kalau Mau Bertahan Ikuti Perubahan

Reporter : Yanti

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close