PALEMBANG

Provinsi Sumsel Peringati Hari Jadi ke-72. Ini yang Sudah Dicapai

BritaBrita.com,PALEMBANG-Dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ke-72, digelar Rapat Paripurna Istimewa XIX di DPRD Provinsi Sumsel Palembang, Rabu (23/5/2018).

Adapun tema yang diangkat yakni “Dengan Semangat Hari Jadi Ke-72 Mari Kita Sukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Asian Games XVIII Menuju Sumatera Selatan Yang Sejahtera, Lebih Maju, dan Berdaya Saing Internasional “.

Rapat paripurna dibuka Ir H Uzer Effendi, M.Si, selaku Ketua Pelaksana Tugas DPRD Sumsel, yang juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo dan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin. Turut hadir anggota DPR RI Siska Marleni, S.E., M.Si., anggota DPD RI Hj. Asmawati, Kapolda Sumsel Irjen. Pol Zulkarnain Abdinegara, Pangdam II Sriwijaya A.M. Putranto, anggota DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota se-Sumsel, Bupati/Walikota se-Sumsel, dan rektor perguruan tinggi/universitas se-Sumsel.

Ketua Pelaksana Tugas DPRD Provinsi Sumsel mengucapkan rasa syukur karena selama 72 tahun Sumsel mampu menjadi salah satu provinsi yang mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sumsel Nomor 5 Tahun 2007, telah ditetapkan bahwa setiap tanggal 15 mei merupakan hari jadi Provinsi Sumatera Selatan. Hari jadi ini kita peringati sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah SWT, sepanjang dinamika perjalanan pembangunan sejak 15 mei 1946 dengan motto “Sumatera Selatan Bersatu Teguh” kita mampu menjaga persatuan dan kesatuan dalam upaya mencapai kemajuan pembangunan Sumsel demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ungkapnya.

Lihat Juga  Pemkot Palembang Bakal Perbolehkan Sektor Usaha Beroperasi Selama PSBB

Kemudian Uzer mengajak kepada seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Sumatera Selatan untuk bersinergi dalam mewujudkan Sumatera Selatan sejahtera, lebih maju, dan berdaya saing internasional.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin dalam sambutan terakhirnya sebagai gubernur Sumsel pada rapat paripurna istimewa tersebut menyampaikan terimakasih atas semua dukungan dan kerjasama dari semua pihak atas pencapaian dan keberhasilan pembangunan Sumatera Selatan.

“Alhamdulillah, atas berkat Rahmat Allah SWT, kerja keras dan kerjasama kita semua sehingga pada hari jadi Provinsi Sumatera Selatan yang ke-72 ini visi Sumsel sejahtera, lebih maju, dan berdaya saing internasional berhasil terwujud. Ditengah kondisi ekonomi nasional dan internasional yang sulit pertumbuhan ekonomi Sumsel 5, 51% lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional 5,07%,”jelasnya.

Lebih lanjut, Alex menjabarkan keberhasilan lainnya yakni rasio kesenjangan sosial masyarakat Sumsel berada pada angka 0,365 yang juga lebih baik dari angka rasio kesenjangan nasional 0,391. Hal itu menunjukkan pembangunan di Sumsel cukup merata. “Kemudian persentase kemiskinan masyarakat Sumsel 13,1%. Tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2017 4, 39 % lebih sekit dari jumlah pengangguran nasional 5,50%. Terjadi peningkatan usia harapan hidup masyarakat Sumsel menuju angka 68,18 %, “urainya.

Lihat Juga  Sejarahwan Sumsel Kritik Pernyataan Kerajaan Sriwijaya Fiktif

“Perlu diketahui juga dalam kurun waktu 4 tahun, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berhasil memperoleh 134 perhargaan baik dari Presiden, lembaga kementerian dan lembaga lainnya. Ini sebagai bukti bahwa tidak akan ada prestasi kalau tidak ada yang dikerjakan, “tandasnya.

Terakhir Alex menegaskan selain membangun infrastruktur pemerintah juga terus meningkatkan sumber daya manusia, hal itu terlihat dari angka indeks pembangunan manusia (IPM) pada tahun 2017 berada pada 68,86.

Pada rapat paripurna istimewa tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selain memberikan ucapan Selamat Dirgahayu Provinsi Sumsel yang ke-72, juga memberikan piagam penghargaan kepada Gubernur Sumatera Selatan dan Ketua DPRD Sumsel atas keberhasilan pembangunan yang telah dicapai pemerintah Sumatera Selatan. (Adv/ M Dudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close