PALEMBANGSUMSEL

Proyek Strategis Nasional Tetap Jalan Sesuai Prosedur Pencegahan Corona

BritaBrita.com, Palembang-Pengerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diharapkan tetap berjalan meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19. Hal ini diungkapkan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII, Ir Birendrajana di Palembang, Jumat (3/4/2020).

Menurut Birendrajana, terdapat PSN di wilayah Sumsel seperti pembangunan Bendungan Tiga Dihaji di Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumsel. Bendungan yang menelan dana sebesar Rp 37 triliun ini pembangunannya tetap berjalan meskipun pemerintah mengharuskan masyarakat menerapkan Sosial Distancing (menjaga jarak).

Hanya saja jelasnya proses pembangunan sudah dibekali dengan prosedur pencegahan Corona dan meningkatkan K3 pekerja.

“Kita minta pemegang proyek (kontraktor) agar menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar yang ditetapkan seperti menyediakan masker bagi para pekerja, tempat cuci tangan, dan juga penyemprotan Disinfektan di lingkungan kerja,” kata Biren.

Lihat Juga  Update Corona: Warga Sumsel Sudah 1019 Terinfeksi Virus Corona

Ia menjelaskan pihaknya juga masih tetap menjalankan pengerjaan PSN, karena belum ada himbauan dari Pemerintah Pusat untuk menghentikan progres pembangunan di wilayah BBWS VIII. Pihaknya pun saat ini telah memperketat akses masuk keluarnya para pekerja selama masa Pandemi Corona.

“Untuk sementara ini pekerja tidak diizinkan untuk keluar masuk secara bebas di lingkungan kerja. Jika pun ada yang datang untuk kepentingan pembangunan kita lakukan sesuai prosedur pencegahan Corona seperti pemeriksaan suhu tubuh dan Sosial Distancing dengan melakukan pertemuan di luar dari lingkungan kerja. Bahkan cara ini kami terapkan juga di kantor BBWS VIII jika ada rapat kita lakukan di halaman kantor atau lobi kantor,” jelasnya

Lihat Juga  FUN RUN Tingkatkan Antusiasme Asian Games 2018

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya saat ini tengah mengerjakan 7 Proyek pembangunan, diantaranya 4 pembangunan bendungan 2 air baku dan 1 embung.

“Kesemua pengerjaan itu sudah kami terapkan prosedur pencegahan corona, kami juga meminta agar kontraktor dapat menyediakan APDnya,” ungkap Biren.

Reporter : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close