PALEMBANGSYARIAH

Siarkan Sunnah Rasul Lewat Olahraga Memanah

BritaBrita.com,PALEMBANG-Ketika melintas di lapangan samping, Simpang Fly Over Keramasan tampak para pria berjenggot dan bercelana cingkrang dengan peci sedang sedang asik berlatih memanah pada Senin (22/02/2021).

Wartawan BritaBrita.com mencoba menghampiri mereka, dan ternyata mereka tergabung dalam Komunitas Panahan Kertapati (Kompak)

Mereka sedang mengadakan latihan tanding yang dihelat sejak pukul 17.00 WIB. Kegiatan selalu dibuka dengan berdoa.

“Sebenernya kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang sering dilakukan. Kalau di Palembang sudah banyak komunitasnya namun untuk di daerah Kertapati dipilihlah di keramasan ini,” ujar Erwinsyah (40) yang bertugas selaku kordinator

Erwinsyah sebenarnya agak was-was takut dengan pandangan miring masyarakat sekitar, karena untuk lokasi tersebut mereka baru dua hari. Namun respon dari orang orang di sekitar sini sangat baik.

Lihat Juga  Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Melonjak Selama Pandemi. Ini Sebabnya

“Warga juga tampak tertarik dengan bertanya tentang olahraga panah ini, bagaimana cara memanah,” tambahnya

Erwinsyah, mengaku niatnya adalah mengamalkan sunnah nabi.

“Kami selalu menjawab kalau olahraga ini adalah olahraga yang dianjurkan dalam Islam. Bahkan cara untuk memanah juga di ajarkan kan sesuai hadis nabi. Dikatakan Rasulullah SAW bersabda, `’Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,”katanya.

Pihaknya pun terdaftar di asosiasi memanah namun karena rata-rata perorangan.

“Kami ini hanya menghilangkan stress saja dan yang paling penting untuk syiar sunnah nabi dan lewat ukhuwah islami ini menjadi sarana dakwah. Karena olahraga ini yang dianjurkan dalam Islam. Bahkan cara untuk memanah juga di ajarkan,”imbuh Hendri (37) salah satu pemanah

Lihat Juga  Tasnya Dijambret, Kartini Jatuh Tersungkur ke Aspal

Menurut Hendri, dalam latihan ini meski sempat terganggu karena cuaca, antusiasme dari peserta tidak berkurang hingga akhir.

“Nilai Sunnah yang ada di kegiatan ini bukan cuma memanah tapi saat berkumpul, bercerita dan diskusi. Itu siturahmi sekaligus juga syiar agama,” ucapnya.

Calon Reporter : Hendy Saputra

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close