SUMSEL

Bunga Bangkai di Pagaralam

Pagaralam,  BritaBrita –  Bunga Raflesia  atau sering disebut Bunga Bangkai kembali ditemukan di Kota Pagaralam,  Provinsi Sumatera Selatan. Tepatnya di kawasan wisata Rizal Camping Ground,  Kelurahan Pelangkenidai,  Kecamatan DempoTengah,  Kota Pagaralam.

Pada saat ditemukan, Raflesia spesies berwarna putih kehijauan tersebut masih dalam keadan kuncup – dengan tinggi sekitar 200 cm (2 meter)  dan garis tengah bonggol 60 cm.

Bunga langka yang bernama Latin Rafflesia Amorphopallus Titanum tersebut tumbuh di semak belukar areal perkebunan kopi di dalam area obyek wisata Rizal Camping Ground.

Menurut Daniel Andra (48),  seorang local guide,  bunga Raflesia tersebut pertama ditemukan oleh salah seorang pekerja bangunan yang sedang mencuci tanga di sungai kecil. Heran melihat ada bunga berbentuk aneh dengan ukuran besar,  pekerja bangunan itu segera melaporkannya.

Lihat Juga  Polisi Tembak Mati Perampok Toko Emas Sungai Lilin

“Mendengar laporan tersebut,  kita langsung cek,  dan ternyata itu bunga Raflesia atau bunga Bangkai yang di Pagaralam disebut keghubut, ” terang Daniel.

Lebih lanjut Daniel menerangkan,  setelah  bunga menjelang mekar ia akan memagari lokasi penemuan  dan memasang tangga naik – untuk mengantisipasi kalau-kalau ada masyarakat yang ingin menyaksikannya.

Atas laporan Daniel Andra kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pagaralam,  Joni SE, reporter BritaBrita  segera meluncur ditemani tim dari Dinas Lingkungan Hidup.  (Herna S Zaldi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close