SUMSEL

Ratusan Ribu Hama Ulat Bulu Serang Tanaman Alpukat Warga Pagaralam

BritaBrita.com,PAGARALAM -Warga dusun Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara kian resah serangan ratusan ribu hama ulat bulu yang merusak tanaman alpukat mereka.

Pantuan di lapangan, Minggu (23/2/2020) serangan hama ulat bulu ini menyebabkan 10 batang lebih tanaman alpukat warga terancam mati lantaran ulat-ulat ini memakan semua daunnya dan hanya menyisakan batang pohonnya saja serta ranting yang sudah tua.

Bujang Adi (53) pemilik tanaman alpukat menuturkan,serangan hama ulat bulu ini sudah terjadi sekitar dua hari terakhir. Awalnya jumlahnya hanya sedikit namun dalam hitungan jam jumlahnya sudah mencapai ratusan ribu dan mulai memakan semua daun serta ranting muda tanamannya.

“Bisa dilihat sendiri pak,ulat-ulat ini memakan semua daun alpukat,”ujarnya, Minggu(23/2/2020).

Lihat Juga  Kasus Corona Terus Bertambah, Gubernur Herman Deru Ogah Inisiatif Karantina Wilayah

Dikatakan Bujang Adi,segala upaya warga lakukan untuk mengusir hama ulat bulu ini mulai dengan metode pengasapan maupun menggunakan insektisida namun hama ulat bulu tersebut seakan tidak ada habisnya.

“Mungkin sudah ribuan ulat yang sudah dibasmi namun ulat ini tetap saja muncul kembali,”keluhnya

Ditambahkannya, akibat serangan hama ulat bulu ini,tanaman alpukatnya terancam mati dan buahya menjadi rontok.

“Tanaman alpukat saya produktif dan setiap hari menghasilkan buah,namun sejak diserang ulat bulu buahnya menjadi rontok dan tentu saja saya merugi,”pungkasnya.

Tak cuma Bujang Adi yang merugi oleh serangan hama ulat ini namun warga sekitar pun ikut merasakan dampaknya lantaran ribuan ulat bulu ini juga banyak yang menempel di pagar dan dinding rumah warga yang tentu saja membuat warga setempat khawatir.

Lihat Juga  Masjid-Masjid Diminta Tak Gelar Salat Jumat Sementara Waktu

“Khawatirnya ulat-ulat ini dijadikan mainan oleh anak-anak sebab mereka belum mengerti bahayanya”keluh Hendra Marcel (36) warga setempat.

Reporter : Taufik Hidayat

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close