INTERNATIONALNASIONAL

Tiga Negara Besar Minta Korut Setop Nuklir dan Rudal Balistik

BritaBrita.com,Jakarta-Amerika Serikat (AS), Jepang dan Korea Selatan sepakat untuk terus menekan Korea Utara readyviewed agar menghentikan program nuklir dan rudal balistik. Dikarenakan hal tersebut menjadi persoalan serius bagi dunia.

Demikianlah hasil pertemuan tingkat tinggi di Maryland, AS yang diwakili oleh penasihat keamanan nasional Presiden AS Joe Biden, Jake Sulivan, kemudian Shigeru Kitamura dan penasihan keamanan nasional Korsel Suh Hoon.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (3/4/2021), ketiga negara juga meminta keterlibatan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) agar mencegah proliferasi dan memperkuat upaya menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

Hal lain yang turut dibahas dalam pertemuan adalah mengenai penanganan Covid 19, perubahan iklim dan mengembalikan demokrasi di Myanmar.

Lihat Juga  Pecah Rekor: Lonjakan Kasus COVID-19 Dunia 18 Juli 259.848 Kasus Per Hari

Joseph Yun, mantan pejabat di era Presiden Barack Obama dan Donald Trump menilai kebijakan soal nuklir sebenarnya sudah jelas.AS sejatinya terbuka untuk diplomasi dengan Korea Utara. Gedung Putih memungkinkan penawaran konsesi untuk membawa Pyongyang ke meja perundingan, membahas penyerahan senjata nuklirnya. Sayangnya upaya dialog tersebut ditolak oleh Korea Utara.

“Tapi bagaimana melakukan langkah awal agar paling tidak Korut dibujuk untuk tidak melakukan sesuatu yang provokatif. Itulah tantangannya,” katanya.

Dia menyarankan agar Biden menyoroti lebih dalam kesepakatan antara Trump dan Kim dalam pertemuan di Singapura 2018 lalu.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close