Uncategorized

Cek 5 Komponen Mobil Ini Sebelum Dipakai Mudik

BritaBrita.com,Jakarta – Mumpung libur lebaran masih berjarak tiga minggu lagi, ada baiknya bagi warga yang ingin mudik pakai mobil pribadi memeriksakan kondisi kendaraannya. Pengecekan dan penyervisan mobil sebelum mudik akan meminimalisasi terjadinya masalah teknis saat di perjalanan.

Dijelaskan Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi, ada lima komponen di mobil yang harus mendapat perhatian khusus.

“Mulai dari engine, kemudian suspensi, steering, kelistrikan, dan ban,” kata Bambang, di Head Office Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Menurut dia, sektor mesin harus diperiksa, apakah ada kebocoran atau tidak. Termasuk memeriksa apakah ada rembesan oli atau asap putih yang keluar dari lubang knalpot.

“Kalau indikasi itu ada, artinya mobil dalam keadaan nggak sehat. Sementara untuk steering dan kelistrikan, hanya sekadar checking saja. Bahwa bushing-nya harus dipastikan masih oke, nggak oblak. Hanya pengecekan secara visual dan fungsional saja,” terangnya lagi.

Sementara untuk ban, wajib dicek keausannya. Jika sudah aus atau sudah berusia di atas dua tahun, lebih baik diganti. Karena mobil pastinya akan dibawa melewati jalur tol yang cukup panjang, sehingga jika ban dalam kondisi tidak layak akan sangat berbahaya jika terjadi kasus pecah ban atau bocor.

“Terakhir, yang sebenarnya penting juga diperiksa adalah cairan-cairan di mobil. Seperti air radiator, oli mesin, oli transmisi, air wiper, minyak rem, atau fan pump kalau masih pakai HPS (Hydraulic Power Steering). Itu yang harus diperhatikan,” pungkas Bambang seperti dilansir detik.com.

Dan bagi warga yang ingin servis mobil di bengkel resmi atau bengkel umum, disarankan untuk servis jauh-jauh hari. Paling tidak dua minggu sebelum lebaran agar tidak terlalu banyak antrean.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close